Bermunculannya varian baru dari Covid-19 tentunya membuat masyarakat resah terlebih soal penularannya. Bahkan virus tersebut ternyata dapat menular melalui toilet. 

Hal ini dikarenakan Covid-19 sejatinya dapat menular secara airborne seperti pada ruangan tertutup dengan ventilasi yang buruk bahkan jika ditempati oleh banyak orang dengan durasi yang lama. 

"Jadi kamar mandi adalah suatu tempat indoor atau ruangan tertutup yang biasanya ventilasinya kurang baik. Jadi disini sangat berisiko tinggi terjadi penularan secara aerosol," ujar dr. RA Adaninggar yang diunggah pada laman media sosialnya (21/9). 

Ia pun menuturkan untuk tak membuka masker meskipun sendirian berada di dalam kamar mandi apalagi kamar mandi umum. Lantaran kita tak mengetahui pengguna sebelumnya memiliki riwayat penyakit atau tidak. 

Bahkan pada ventilasi yang kurang baik, konsentrasi aerosol bisa sangat tinggi karena udara di dalamnya tak berganti. 

"Jadi, meskipun anda sendirian dan melepaskan masker, anda bisa menghirup udara yang sama dengan yang sebelum anda," tambahnya. 

Ia pun menegaskan untuk tetap mengenakan masker dan double masker.

Namun jika berada bersama pasien Covid-19 dengan satu kamar mandi di rumah, sebaiknya sebelum menggunakan kamar mandi memberikan jeda waktu penggunaan. 

Baca Juga: Ahli Prediksi Gelombang Ketiga Covid-19, Yuk Konsumsi 4 Buah Ini untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Serta membukakan ventilasi udara (pintu atau jendela) dan melakukan disinfeksi pada permukaan yang sering disentuh di kamar mandi.