Dewasa ini, tren kopi susu kekinian sangat diminati kaum milenial. Bagaimana tidak, banyak sekali gerai-gerai kopi kekinian yang menjelma di setiap titik perkotaan.

Variannya pun beragam. Tak sedikit kopi yang dicampur dengan bahan lain, seperti susu dan gula aren, untuk menambah cita rasa.

Meski begitu, kamu harus tetap ingat bahwa yang kamu minum tetaplah kopi, ya Beauty. Terlebih jika kamu memiliki penyakit maag. Pasalnya, kafein dalam kopi diketahui bisa memicu asam lambung dan mengakibatkan sakit maag.

Lantas, adakah cara yang aman untuk pengidap maag minum kopi?

Nah, berikut ini HerStory rangkum tips aman mengonsumsi kopi biar gak menimbulkan masalah di lambung, sebagaimana dipaparkan dr. Andika Widyatama di laman KlikDokter, yuk simak, Beauty!

1. Konsumsi kopi dalam keadaan lambung terisi

Biasakan minum kopi setelah lambung kamu terisi oleh makanan. Dikatakan dr. Andika, kondisi lambung yang terisi dapat meminimalkan paparan asam lambung terhadap mukosa lambung.

2. Pilih kopi yang disangrai paling gelap

Kedua, dr. Andika pun menyarankan pengidap maag uituk memilih kopi yang disangrai paling gelap (dark roast coffee) atau disangrai dalam waktu lama. Makin lama biji kopi disangrai, makin meningkatkan produksi zat N-methylpyridinium (NPM). NPM bisa melindungi mukosa lambung.Proses sangrai juga dapat menurunkan kadar asam klorogenat, salah satu zat yang merangsang produksi asam lambung. Selain itu, dark roast coffee memiliki kadar kafein paling sedikit.

3. Minum kopi dingin

Selanjutnya, dr. Andika pun menyarankan kamu memilih varian kopi dingin, Beauty. Kopi dingin (cold brew coffee) dibuat dengan cara direndam di dalam air dingin selama 12 sampai 24 jam sebelum disaring. Cold brew coffee memiliki nilai pH yang lebih tinggi sehingga kurang asam dibanding kopi biasa. Kadar kafeinnya pun lebih rendah sehingga kurang merangsang produksi asam lambung.

4. Tambahkan susu pada kopi

Banyak orang percaya menambahkan susu pada kopi bisa mengurangi rasa asam. Nilai pH susu sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pH kopi, namun bisa jadi tidak berarti apa-apa efeknya pada lambung. Ketika kamu menambah susu ke dalam kopi, protein susu mengikat asam klorogenat sehingga menyebabkan penghambatan pada proses stimulasi produksi asam lambung.

5. Pilih kopi rendah kafein

Jika kamu hanya suka rasa dari kopi dan tak memedulikan kadar kafein dalam kopi, tentu kamu bisa memilih untuk minum kopi rendah kafein (decaffeinated coffee).

6. Pilih biji kopi rendah asam

Nah terakhir, kamu bisa memilih biji kopi rendah asam jika memang tersedia di toko kopi yang kamu datangi, Beauty.

Baca Juga: 3 Obat Manjur Atasi Asam Lambung, Dijamin Gak Terserang Heartburn Lagi

So, bijaklah dalam memilih kopi yang akan kamu konsumsi, ya. Jangan sampai karena hanya ingin mencoba produk kopi kekinian terbaru, malah menyebabkan masalah di lambung, kan. Semoga bermanfaat, ya!