Menu

Duh! 8 Posisi Jerawat Ini Ternyata Menandakan Penyakit, Waspada Ya Beauty!

Riana Agustian
22 September 2021 13:05 WIB
Duh! 8 Posisi Jerawat Ini Ternyata Menandakan Penyakit, Waspada Ya Beauty!

Wanita sedang menyentuh jerawat di wajahnya. (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Bogor —

Jerawat, kemunculan benda kecil ini pasti suka bikin jengkel dan mengganggu penampilan, ya Beauty.

Dan pada dasarnya, jerawat disebabkan oleh produksi minyak atau sebum berlebih dan penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit sehingga membuat pori-pori tersumbat. 

Namun, tahukah kamu, Beauty, bukan hanya karena wajah yang kurang bersih atau produk skincare yang kurang cocok, berdasarkan letaknya sendiri, jerawat bisa menjadi tanda bahwa sebenarnya tubuh kamu sedang dalam keadaan kurang sehat, lho. Duh!

Ya, pemetaan posisi jerawat berdasarkan gangguan kesehatan ini diadaptasi dari teori pengobatan kuno di China. Tiap titik yang ada di permukaan wajah terhubung dengan organ tertentu, mirip seperti titik-titik pada akupunktur.

Dikutip dari laman hipwee, berikut 8 posisi jerawat yang menandakan penyakit. Yuk, scroll ke bawah, Beauty!

1. Jerawat di dahi

Tahu gak, Beauty, jerawat yang tumbuh di dahi ternyata bisa jadi tanda gangguan proses pencernaan karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak. Kondisi ini bisa disebabkan karena kurangnya porsi tidur malam yang memungkinkan proses pencernaan jadi gak lancar.

Solusinya, coba deh kamu kurangi makanan berlemak dan perbanyak makanan bergizi, buah dan sayuran. Dan ingat, tidur malam teratur sebelum jam 23.00 selama 7 hingga 9 jam per hari, ya Beauty!

2. Jerawat di antara alis mata

Nah, jerawat di posisi ini menandakan kerja hati kamu terlalu berlebihan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Hal ini dikarenakan terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol, makanan berminyak dan berbahan dasar susu. Selain itu juga bisa dikarenakan alergi terhadap makanan tertentu.

3. Jerawat di sekitar mata dan di telinga

Kulit di sekitar mata terhubung dengan ginjal. Nah, jika kamu kerap berjerawat di sekitar mata dan di telinga, disinyalir kamu mengalami gangguan pada organ ini.

Penyebabnya bisa karena dehidrasi akibat kurang minum air putih, merokok, konsumsi kopi, minuman bersoda, makanan atau minuman manis, dan konsumsi garam yang berlebih atau kurang berkualitas.

4. Jerawat di area pipi atas

Jika kamu menamukan adanya jerawat di area pipi atas, bisa jadi pertanda betapa paru-parumu kelelahan karena bekerja terlalu keras untuk menyaring udara, lho Beauty! Ada baiknya kamu memperbanyak makan sayuran hijau yang baik untuk membantu membersihkan paru-paru, ya!

5. Jerawat di area pipi bawah atau rahang

Bagian area pipi bawah atau di rahang yang sering berjerawat berhubungan dengan kesehatan gigi, terutama yang berhubungan dengan gusi. Bisa jadi ada gigi yang berlubang, infeksi, atau setelah melakukan perawatan gigi ke dokter, Beauty!

6. Jerawat di hidung

Nah, jika kamu sering berjerawat di hidung, sebaiknya cek tekanan darahmu. Kemungkinan besar hal ini mengindikasikan ada masalah pada jantung karena tekanan darah atau kolestrol tinggi, kekurangan protein atau vitamin B, lho Beauty!

7. Jerawat di sekitar mulut

Lalu, bila kamu menemukan jerawat di lokasi ini menandakan bahwa kamu mengalami stres atau sedang terjadi perubahan hormon. Penyebabnya kadang gak bisa dihindari, apalagi pada wanita jika sedang berada pada siklus menstruasi

8. Jerawat di dagu

Nah, jika kamu kerap berjerawat di area dagu, itu berarti kamu mengalami masalah pada organ usus, lho Beauty. Ada baiknya kamu memperbanyak asupan serat, dengan konsumsi buah dan sayuran atau gandum dan minum banyak air putih secara teratur, ya!

Nah, itulah beberapa titik kemunculan jerawat yang perlu kamu waspadai, ya Beauty. Semoga informasinya bermanfaat, ya!