Aktris sekaligus Celebrity Mom, Mona Ratuliu, menuturkan, di masa pandemi ini, peran seorang ibu untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia itu sangatlah penting. Menurutnya, ibu memiliki peran sentral dan harus menghadirkan positif vibes atau energi yang positif di rumah. Meski ada peran ayah, Mona mengaku pasti yang dicari anak adalah ibunya.

“Sebenarnya bukan cuma penting saat pandemi aja, tapi ketika pandemi ini jadi jauh lebih penting lagi karena kita menghabiskan waktu itu 100 persen hampir di rumah. Dan kegiatan di rumah itu semunya bertumpu pada ibunya, walaupun ada ayahnya di samping, tapi tetep ya yang dicari itu ibunya. Itulah kenapa menurut aku kebahagiaan di rumah itu betul-betul tertumpu pada seorang ibu,” tutur Mona, saat sesi BincangShopee 10.10 Brands Festival: Rahasia Kebahagiaan Ibu & Anak di Tengah Pandemi, sebagaimana dipantau HerStory, kemarin.

Bagi Mons, di masa pandemi ini, sebagai ibu yang memiliki 5 anak, ia mengaku kerap menghadapi tantangan yang luar biasa. Terlebih, usia anak-anaknya pun rentangnya jauh.

Istri dari Aktor Indra Brasco ini pun bercerita bahwa tak hanya soal makanan saja yang harus dipersiapkan bagi anak. Tetapi ia pun perlu memberikan waktu bermain bagi anak. Maka dari itu, peran ibu disebut harus bisa jadi teman yang baik buat anak.

“Tantangan pertama yaitu bagaimana mengelola waktu antara kerja sama ngurusin anak. Alhamdulilah juga sih ya saat pandemi ini saya masih bisa kerja. Kerjanya pol di rumah, ya ngurus anak harus lebih pol lagi, karena 24 jam ngurusin anak,” ujarnya.

Kemudian kata Mona, tantangan lainnya adalah menjaga positif vibes di rumah. Meski peran ibu di masa pandemi menjadi tantangan, Mona memberi pesan kepada ibu-ibu di rumah dalam hal mengasuh anak.

“Tantangan lainnya adalah menjaga positif vibes di rumah. Di satu sisi juga kita capek, terus ada permasalahan lain, kemudian ada tantangan dalam hubungan suami istri, tapi kita harus tetap ‘waras’ dan menjaga energi positif di rumah. Karena kita tiangnya. Jadi kita perlu mengelola emosi supaya bisa memberikan kebahagiaan di rumah,” tandas Mona.

“Dan tantangan lainnya adalah soal screen time. Sebelum pandemi itu kita punya aturan soal screen time, sehari cuma 2 jam, nah sekarang itu beda. Semuanya berubah. Akhirnya kita bikin kesepakatan biar rutinitas teratur lagi, kesepakatan soal bermain gadget, bermain, dsb,” sambungnya.

Lantas, bagaimana cara Mona menjaga emosinya tetap stabil dalam mengasuh anak?

Baca Juga: 19 Tahun Jalani Biduk Rumah Tangga dengan Indra Brasco, Mona Ratuliu: Perasaan Kayak Gini Cukup Buat Aku