Drama Korea selalu digandrungi oleh banyak kaum hawa karena alur ceritanya yang selalu menarik dari berbagai genre

Merujuk dari Forbes, drakor telah ditonton oleh 18 juta orang Amerika dan sudah banyak di-alih bahasakan atau terjemahan dalam banyak bahasa. 

Mengutip dari laman klikdokter.com (22/9), Gracia Ivonika, M.PsI., Psikolog mengatakan bahwa menonton cerita yang menarik termasuk drama korea, tak cuma untuk menghibur saja. Melainkan juga membawa manfaat baik bagi kesehatan mental.

Berikut 5 diantaranya sebagaimana melansir dari laman klikdokter.com (22/9)

1. Mengontrol Emosi

Dalam drama Korea tentunya akan banyak sekali emosi dari adegan-adegan yang ada. Hal ini agar para penonton dapat merasakan emosi yang serupa dari adegan tersebut. Dengan perasaan emosi yang tersampaikan ini juga mampu melatih untuk mengontrol emosi yang dirasa. 

2. Mengobati Depresi

“Menonton drama Korea umumnya menjadi bagian dari kegiatan refreshing. Hal ini bisa menjadi salah satu aktivitas yang dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan perasaan positif,” ucap Gracia seperti dikutip dari klikdokter.com

Baca Juga: Resep Sundubu-jjigae, Sup Tahu Pedas ala Drama Korea yang Gampang Dibuat di Rumah!

Hal tersebut membawa senyawa serotonin dan dopamin terlepas. Dimana kedua senyawa tersebut bisa meringankan perasaan negatif lain yang dapat mengacaukan suasana hati.