Beauty, saat ini bisa dibilang kalau makeup sudah menjadi bagian penting dalam hidup sebagian besar wanita. Siapapun tentu ingin tampil cantik dengan makeup yang digunakannya. Makanya enggak heran, kalau banyak wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli produk makeup pilihannya.

Ngomong-ngomong soal makeup, pernah enggak sih terbesit dalam benak Beauty, dari mana istilah makeup berasal? Atau siapa sih yang pertama kali yang menemukan makeup? Makeup zaman dulu dan sekarang bedanya apa? Pasti kamu pengen tahu kan?

Ternyata Beauty, ada lho fakta menarik makeup yang perlu kamu ketahui. Melansir dari laman Makeup.com, berikut HerStory rangkum beberapa di antaranya:

Riasan wajah mahal yang harus dimiliki wanita di zaman Romawi

Beauty, tahu enggak sih kalau dulu itu ada istilah "Lex Oppia" yang merupakan undang-uundang pada zaman romawi yang berlaku untuk wanita. Yang mana wanita harus menampilakn kekayaannya termasuk makeup dan parfum mahal yang diimpor dari Cina, Jerman, dan Gaul.

Beruntungnya, 20 tahun kemudian undang-undang itu di hapus. Coba kalau belum, enggak kebayang deh kalau sampai undang-undang itu berlaku di Indonesia!

Cat kuku Neon ilegal di Amerika Serikat

Cat kuku bisa dibilang bagian dari kecantikan yang sering diperhatikan pula oleh beberapa kalangan wanita. Warna cat kuku yang lucu menjadi daya tarik sebagian wanita dan membuatnyaa tampil lebih percaya diri.

Tapi tahu enggak sih Beauty, kalau cat kuku dengan warna Neon sebenarnya ilegal di Amerika Serikat. Jadi, kalau cat kukumu diberi lebel "Neon", cat tersebut kemungkinan besar diimpor atau enggak benar-benar dibuat dengan pewarna neon. Hal ini dikarenakan, pewarna neon secara resmi enggak ada dalam daftar FDA.

Lipstik dari perhiasan yang hancur?

Beauty, di zaman Mesopotamia kuno, dulu wanita rela menghancurkan permata diperhiasannya untuk menghias bibir mereka. Saat itu, serpihan batu permata menjadi campuran pembuatan lipstik untuk tampilan bibir yang lebih mewah. mahal abis!

Tren kulit cokelat karena insiden yang enggak disengaja

Pada 1920-an, perancang busana Coco Chanel secara enggak sengaja terkena sengatan sinar matahari langsung saat mengunjungi French Riviera. Setibanya ia kembali ke rumah, kulit yang terbakar itu berubah menjadi cokelat. Sampai akhirnya, penggemarnya pun mulai mengadopsi tampilan ini dan menjadikannya sebagai tren kecantikan.

Lipstik merah digunakan untuk menandakan strata sosial

Selam periode abad pertengahan, lipstik merah digunakan untuk membedakan starata atau kelas sosial di Eropa. Misalnya, lipstik berwarna merah muda yang cerah berarti dia memiliki strata sosial yang tinggi. Sedangkan, lipstik dengan warna merah berarti memiliki strata sosial yang lebih rendah.

Nah Beauty, itu tadi lima fakta menarik yang perlu kamu ketahui soal make up. Gimana menurut Beauty?