Moms coba jujur apakah Moms sering menakuti anak supaya ia mau mendengarkan Moms? Misalnya, “Jangan main di kamar sendiri, nanti dimakan hantu” atau “jangan nakal, ya? Nanti disuntik dokter."

Kalimat-kalimat itu memang ampuh membuat anak bersikap baik secara cepat. Namun, ternyata kalimat menakuti tersebut hanya akan memberi dampak buruk pada anak lho.

Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi rasa takut yang dialami anak terkadang akan sangat nyata dan serius. Jika terus dibiarkan, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki banyak ketakutan pada dirinya.

Kira-kira apa saja dampak buruk lainnya yang akan dialami anak? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari Halodoc.com, Kams (23/9/2021).

1. Anak jadi Penakut

Salah satu dampak nyata dari kebiasaan menakuti anak adalah membuat anak tumbuh menjadi sosok yang penakut dan mudah merasa cemas.  

Jika hal ini dilakukan terus menerus, bisa menjadi pemicu anak menjadi terlalu takut untuk melakukan hal-hal tertentu. Parahnya lagi, kebiasaan ini juga bisa mendorong anak menjadi tidak mandiri karena takut untuk melakukan suatu hal tanpa bantuan dari orang lain. Segera stop kebiasaan ini ya Moms!

Baca Juga: Moms, Jangan Bertengkar dengan Suami Saat Hamil Ya! Bahaya untuk Janin, Bisa...