Beauty, apakah kamu gemar minum teh? Pernah gak kamu menyisakan teh dan kantungnya?

Ketika ini terjadi, sebaiknya jangan buru-buru dibuang ya. Karena ternyata, sisa teh atau teh basi ini memiliki beberapa khasiat yang gak terduga, lho. Teh basi yang dimaksud bisa berupa ampas dari bubuk teh (baik teh tabur maupun teh celup), juga air seduhan teh itu sendiri.

Kira-kira apa saja ya manfaat basi bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari hipwee, berikut beberapa manfaat teh basi yang wajib banget untuk kamu ketahui. Yuk langsung aja dicek, Beauty!

1. Segarkan nafas dan atasi bau mulut

Ah, ternyata aroma teh yang khas serta kandungan antibakteri di dalamnya ampuh membantu mengatasi bau mulut, lho Beauty!

Nah, kamu bisa membuat obat kumurmu sendiri, caranya yakni rebus 2-3 gelas air teh basi, lalu tambahkan beberapa helai daun mint lalu.

Kamu juga bisa menambahkan cengkeh atau kemangi untuk meningkatkan kandungan antibakterinya. Rebus selama hingga mendidih lalu dinginkan sebelum digunakan. Obat kumur herbal ini bisa kamu simpan selama 1 minggu.

2. Usir jerawat membandel

Penting nih buat acne fighter. Kamu bisa coba mengusir jerawat dengan memanfaatkan teh basi, lho Beauty.

Caranya mudah, cukup tempelkan kantong teh celup yang telah direndam semalaman di atas permukaan wajah yang terkena jerawat, lalu diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan air hangat. Atau, kamu juga bisa menggunakan ampas tehnya untuk digunakan sebagai masker alami wajah yang berjerawat.

3. Bikin rambut berkilau

Tak hanya wajah saja, nyatanya manfaat teh basi juga sangat baik untuk kesehatan rambut, lho! Nah, setiap kali sehabis keramas, kamu bisa gunakan air teh sisa sebagai bilasan terakhirnya.

Jika dilakukan rutin setiap habis keramas, lama kelamaan rambut akan berkilau dan tentunya makin kuat. Tapi, pastikan teh yang dipakai belum dicampur dengan gula, ya!

4. Menghilangkan mata panda

Manfaat lain dari teh basi adalah menghilangkan mata panda. Caranya kurang lebih sama dengan cara menghilangkan jerawat. Kompres mata kamu dengan bekas kantung teh beberapa menit atau bisa juga masukkan kantung teh dalam kain yang ditambahkan es batu lalu gunakan sebagai kompres mata. Hal ini efektif menghilangkan mata panda atau mata yang sembab.

5. Relaksasi dan usir bau kaki

Ini juga penting nih, Beauty. Caranya, cukup campurkan teh basi ke dalam air hangat, lalu gunakan untuk merendam kakimu. Diamkan selama beberapa menit hingga air mendingin dan kaki menjadi lebih rileks. Lalu bilas deh dengan air bersih.

Baca Juga: Murah Meriah dan Mudah, Inilah Manfaat Ampas Teh untuk Perawatan Kulit Cantik