Telemedicine merupakan layanan perawatan medis jarak jauh yang bisa dilakukan melalui obrolan video secara daring. Pilihan layanan ini menjadi populer selama pandemi Covid-19.

Telemedicine ini dapat digunakan kapan saja dan untuk kondisi apa pun, terutama untuk pasien dengan keluhan yang enggak memerlukan tes laboratorium atau pemeriksaan fisik.

Di masa pandemi seperti saat ini, telemedicine sangat berguna kaena dapat menimimalisir kontak fisik dan enggak perlu datang ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi.

Di Indonesia sudah ada beberapa layanan telemedicine yang bisa digunakan. Kini, bertambah satu lagi dengan diluncurkannya aplikasi telemedicine AlteaCare yang bermitra dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI serta menjadikan Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai mitra pertamanya.

"Dalam mendukung upaya masyarakat untuk tetap sehat, kami hadir untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat tanpa perlu ada rasa khawatir," kata Mikaela Oen, Chief Executive Officer (CEO) AlteaCare.

"AlteaCare mengutamakan rasa aman dan nyaman untuk berkonsultasi dengan dokter berpengalaman secara virtual melalui video yang dapat diakses di mana pun pasien berada," pungkasnya.