Diabetes menjadi salah satu penyakit kronis yang berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya pengidap diabetes pasti akan bermusuhan dengan gula. Saat mengetahui punya diabetes, mohon jangan mengonsumsi gula melewati takaran yang aman.

Lalu, berapa batas konsumsi gula per hari untuk penderita diabetes?

Yang perlu diketahui, konsumsi gula memang bisa memengaruhi kadar gula atau glukosa dalam darah.

Tapi, itu bukan berarti Anda tak akan pernah lagi boleh makan gula. 

Dilansir dari Very Well Health, pengidap diabetes masih boleh mengonsumsi gula. Dokter pada umumnya akan menyarankan agar makan lebih sedikit gula dari jumlah yang direkomendasikan untuk kondisi normal.

American Heart Association (AHA) mengungkapkan, batas asupan gula harian pada kondisi normal yang direkomendasikan adalah 36 gram untuk pria dewasa. Itu setara dengan 9 sendok teh. Lalu, sebanyak 24 gram untuk wanita dewasa. Itu setara dengan 6 sendok teh. Dan kurang dari 24 gram untuk anak-anak usia 2 hingga 18 tahun. Itu setara dengan 6 sendok teh.

Kemenkes RI malah memberikan rekomendasi yang lebih rendah lagi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memberikan kisi-kisi bahwa batas asupan gula harian pada kondisi normal adalah 50 gram atau setara 4 sendok makan.

Jadi, secara umum batas konsumsi gula per hari untuk penderita diabetes di Indonesia adalah kurang dari 50 gram. Dengan memerhatikan batas asupan gula ini, para penderita diabetes diyakini akan bisa mengontrol kadar gula darahnya.

Baca Juga: Awas Diabetes! Ini Empat ‘Alarm’ Tubuh Jika Kamu Kelebihan Gula, Jangan Disepelein!

Panduan ini yang diharapkan bisa sangat berarti bagi para penderita diabetes untuk mencegah terjadi beragam komplikasi diabetes.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.