Golongan darah sering kali dihubungkan dengan kepribadian seseorang. Faktanya, di Jepang sendiri memang terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara golongan darah dengan kehidupan, percintaan, dan pekerjaan. Masyarakat Jepang percaya bahwa setiap golongan darah hadir dengan karakteristik yang berbeda.

Selain itu, terdapat beberapa studi yang menganggap bahwa golongan darah dapat menentukan kecerdasan, berikut penjelasannya diansir dari berbagai sumber, Senin (27/9/2021).

Golongan Darah yang Dianggap Paling Pintar

Sebuah riset oleh peneliti Jerash University, Yordania, menyimpulkan kelompok golongan darah AB memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Mereka juga mempunyai rerata nilai tertinggi dalam berbagai bidang. Misalnya dalam kemampuan numerik dan verbal. 

Penelitian tersebut diinisiasi oleh seorang dokter bernama Mohumad Saleh Atoom dan diterbitkan dalam Academic Research Journal pada 2014 silam. 

Dalam risetnya, Atoom mengumpulkan 364 mahasiswa dari Jordanian Universities sebagai sampel. Dia menggunakan tes Otis-Lennon dengan alat bantu penelitian terdiri dari 30 pilihan ganda.

Hasilnya pun membuktikan bahwa pemilik golongan darah AB, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki nilai rata-rata paling tinggi. 

Di sisi lain, golongan darah B diketahui mendapat nilai rata-rata terendah menurut hasil tes.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 7 Kepribadian Unik Anak Bergolongan Darah AB