Beberapa tumbuhan diklaim efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu tumbuhan yang populer untuk obat-obatan alami adalah daun sirih.

Secara umum, daun sirih biasa digunakan oleh wanita. Pasalnya daun sirih diketahui bisa menjaga kebersihan organ kewanitaan.

Tapi, ternyata masih ada manfaat kesehatan lain dari daun sirih lho. Hal itu disebabkan karena di dalam daun sirih terkandung minyak atsiri, minyak terbang, pati, diatase, antioksidan, anti jamur, kavikol, zat samak, alkoloid, propane, tannin, cyneole, sesquiterpene, asam askorbat dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan khasiat daun sirih bisa diolah menjadi air rebusan daun sirih yang dicampur dengan madu. Sediakan 7-9 lembar daun sirih, rebus dengan 500 ml air hingga mendidih. Setelah itu saring dan tambahkan madu secukupnya.

Minumlah satu gelas setiap hari selama satu minggu untuk pengobatan. Setelah itu, air daun sirih campur madu bisa diminum rutin satu minggu sekali.

Berikut ini khasiat cespleng mengonsumsi air rebusan daun sirih campur madu untuk kesehatan tubuh:

Mengatasi Keputihan

Keputihan yang mengganggu adalah permasalahan pada organ intim wanita yang mengeluarkan cairan putih. Anda dapat menghilangkan cairan putih ini dengan bantuan dari minum air rebusan daun sirih secara rutin.

Mengobati asam urat

Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyebabkan seseorang merasakan nyeri di sendi saat menggerakkan berbagai bagian tubuh.

Penderita asam urat bisa meredakan rasa nyeri tersebut dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih dan kapur sirih secara rutin.

Baca Juga: Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih, Ampuhkah?

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.