Beberapa penelitian menemukan bahwa adanya hubungan anatara golongan darah seseorang dengan ririsko untuk mengidap kondisi kesehatan tertentu. 

Berbagai karakterisitk yang dimiliki setiap golongan darah pun memiliki berbagai macam penyakit yang mungkin menerpa seseorang. Simak penjelasan risiko penyakit berdasarkan golongand arah berikut, dikutip dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021).

1. Golongan darah A

Golongan darah ini berisiko 20% lebih tinggi terkena kanker perut dibandingkan dengan orang yang bergolongan darah B atau O.  Hal ini diduga karena orang dengan golongan darah A lebih sering mengalami infeksi bakteri H. pylori atau bakteri penyebab kanker perut.

Selain itu, golongan darah A juga berisiko lebih tinggi mengidap kanker pankreas, diabetes tipe 2 dan stres. Penelitian ini dilakukan oleh Gustaf Edgren MD, Ph.D, seorang ahli epidemiologis di Karolinska University Hospital Swedia.

Untuk mengurangi risiko penyakit ini, batasi konsumsi daging olahan kaya akan nitrat seperti sosis, kornet, nugget, dan lain sebagainya.

2. Golongan darah B

Orang dengan tipe B berisiko terkena penyakit diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit jantung. Golongan darah B juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena penggumpalan darh di pembuluh vena dalam.

Untuk mencegah risiko terkena penyakit tersebut, terapkan gaya hidup sehat seperti memperbaiki pola makan dan perbanyak aktivitas fisik.

Baca Juga: Terkenal Jadi Golongan Darah Paling Langka di Dunia, Ini Penyakit yang Rentan Menyerang Goldar AB!