Darah tinggi atau hipertensi jadi salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita masyarakat di seluruh dunia. Hipertensi sering disebut sebagai sillent killer karena bisa memicu penyakit kronis mematikan, seperti jantung dan stroke. Hal itu disebabkan karena banyak penderita hipertensi yang tak menyadari bahwa tekanan darah dalam tubuhnya melempaui batas normal.

Selain penyakit jantung, rupanya hipertensi juga bisa sebabkan disfungsi ereksi pada pria lho. Jika ini terjadi dan tak ditangani dengan serius, tentu bisa mempengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga.

Disfungsi ereksi adalah salah satu keluhan umum pada pria dengan hipertensi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi kronis yang sangat umum pada pria dewasa karena faktor-faktor seperti merokok, konsumsi alkohol, diet yang tak sehat, stres dan kurang olahraga.

Dilansir dari Boldsky (28/9/2021) menurut definisi National Institute of Health, disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan terus-menerus seseorang untuk mempertahankan kekakuan penis yang diperlukan untuk mencapai kepuasan seksual. Disfungsi ereksi sangat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan dari seks yang aktif secara seksual.

Ketika kedua kondisi disfungsi ereksi dan hipertensi terjadi pada seseorang, mereka menyebabkan pengaruh besar pada kualitas hidup pria dan juga pasangannya. Sebelum memahami hubungan antara disfungsi ereksi dan hipertensi, perlu memahami terlebih dahulu mekanisme ereksi.

Ereksi terjadi saat saraf sensorik menyampaikan pesan rangsangan ke otak untuk merangsang penis. Setelah menerima pesan, otak memberi sinyal pada otot-otot corpora cavernosa (jaringan ereksi penis) untuk rileks, sehingga memungkinkan aliran darah.

Ketika darah mulai mengalir ke ruang terbuka penis, itu menciptakan tekanan, membuatnya melebar dan membuat ereksi. Selaput di sekitar corpora cavernosa membantu menahan darah dan mempertahankan ereksi lebih lama. Ereksi hilang ketika otot-otot penis berkontraksi dan menghentikan aliran darah ke dalam dan membuka saluran untuk mengeluarkan darah.

Bagaimana Hubungannya Disfungsi Ereksi dan Hipertensi?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 30 persen pria dengan hipertensi sering mengeluh tentang disfungsi ereksi. Juga, pada tahun 2025, para ahli memperkirakan bahwa sekitar 322 juta pria mungkin menderita disfungsi ereksi.

Baca Juga: Terkuak Sederet Alasan Suami Lebih Pilih Selingkuhannya Dibanding Istri Sah, Nomor 4 Kacau Banget!