Moms, merawat vagina alias Miss V itu penting banget, ya. Selain bisa menyenangkan Dads di ranjang, tentunya untuk menjaga kesehatan kita sendiri.

Sayangnya, meski informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan Miss V sudah banyak tersebar, masih banyak wanita yang mengabaikannya. 

Lantas, cara yang tepat untuk merawat Miss V itu gimana?

Dikutip dari laman parentalk.id, berikut HerStory rangkum cara merawat vagina yang tepat, yuk disimak, Moms,!

1. Memilih celana dalam yang tepat 

Nah, hal satu ini kerap diabaikan nih, Moms,. Agar kesehatan Miss V terjaga, sebaiknya kamu memilih celana dalam yang berukuran pas dan gak terlalu ketat. Khawatirnya akan menimbulkan gesekan yang menyebabkan iritasi pada kulit Miss V

2. Hindari sabun mengandung parfum 

Kebersihan Miss V harus dijaga, ya Moms. Maka saat membersihkan Miss V, sebaiknya kamu hindari sabun yang mengandung parfum. Pemakaian sabun yang beraroma bisa mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik vagina, bahkan bisa menimbulkan iritasi. 

Jadi kalau Moms, mau menggunakan sabun untuk ngebersihin area Miss V, sebaiknya pilih sabun yang hypoallergenic. Pastikan produk pembersih kewanitaan yang Moms akan pakai sudah bersertifikat BPOM. 

3. Boleh cukur bulu pubik secukupnya

Merawat Miss V pasti pengen terlihat bersih dengan menghilangkan bulu pubik alias bulu kemaluan. Gak salah kok, Moms, tapi sebenarnya bulu pubik itu ada manfaatnya, lho. Kulit area intim itu kan sensitif banget ya, kalau ada gesekan dan tekanan terus-terusan bisa nimbulin iritasi. Nah, fungsi bulu pubik ini untuk mengurangi gesekan dan tekanan. Jadi, kamu boleh cukur bulu pubik agar tetap bersih, namun disarankan gak sampai dibabat habis, Moms.

4. Buang air kecil setelah berhubungan seks 

Ada yang bilang kalau pipis setelah berhubungan seks bikin Moms susah hamil. Itu mitos ya!Faktanya, buang air kecil setelah bercinta itu penting untuk membersihkan uretra dari bakteri yang bisa menyebabkan Infeksi Saluran Kemih bahkan penyakit menular seks.

5. Rutin datangi ginekolog untuk pemeriksaan preventif

Ini yang paling penting, sebaiknya kamu rutin memeriksakan kesehatan organ intimnya secara rutin setiap tahunnya, Moms. Pertama kali pada usia 21 tahun atau setelah menjadi aktif secara seksual. Ginekolog akan mendiagnosis penyakit dan gangguan yang bisa membahayakan sistem reproduksi atau vagina. 

Pemeriksaan secara keseluruhan mencakup Pap Smear (pemeriksaan leher rahim) yang dapat mendeteksi adanya kanker serviks. Moms juga bisa berkonsultasi bila ada keluhan lainnya misal keputihan yang terlalu banyak dan berbau atau menstruasi yang gak teratur. 

Nah itulah beberapa cara untuk merawat Miss V agar sehat, Moms. Ini semua kita lakukan gak untuk kepuasan Dads semata ya, namun sebagai salah satu bentuk untuk menyayangi diri sendiri.

Baca Juga: Jangan Ngeyel Mengonsumsinya, Beauty! Ini Deretan Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Miss V

Semoga bermanfaat!