Beauty, apakah kamu seorang penderita maag? Lazimnya, sakit maag memang langsung dapat diredakan dengan mengonsumsi obat. Cuma dengan beberapa menit, maag pun bisa langsung hilang.

Meski begitu, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat sakit maag. Efeknya, justru membuat sakit semakin parah.

Mengutip grid.id, berikut 6 kesalahan yang sering dilakukan saat sakit maag, yuk simak!

1. Terlambat Minum Obat 

Tentunya, bagi penderita maag minum obat menjadi keharusan. Pasalnya, sifat korosif pada asam lambung sangat berbahaya jika berlebih. Bisa-bisa asam lambung tersebut malah bisa menyebar ke organ tetangganyaKarena itu, jika maag kamu kambuh, segera deh minum obat, ya!

2. Salah Cara Minum Obat

Ini penting kamu ketahui nih, Beauty. Jika kamu penderita maag, lebih baik kamu harus tahu cara minum obatmu. Obat maag harusnya dikunyah kalau dalam bentuk tablet. Hal ini untuk memudahkan penyerapan obat maag sehingga asam lambung bisa dinetralisir dengan segera. Kamu juga nggak boleh meminumnya bersama dengan air. Soalnya kalau minum pakai air, percuma dong dia akan terbawa oleh air itu dan nggak terserap di lambung.

3. Minum Sebelum atau Sesudah Makan?

Hal satu ini kadang bikin bingung. Bagi penderita maag, kamu harus minum obat satu jam sebelum makan. Hal ini untuk meredakan asam lambung yang sedang naik. Jadi, saat kamu makan, asam lambung udah netral.

Jadi, jangan minum obat maag tapi setelah makan, ya. Bisa percuma, dong. Apa yang mau kamu obati, makanan di dalam perutmu? Namun, ada beberapa obat yang juga diminum setelah makan. Tapi minimal kamu harus meminumnya satu jam.

4. Makan Buah saat Maag

Jelas ini kesalahan besar, Beauty. Hal ini karena buah sangat mudah larut. Jadi asam lambung gak berkurang sama sekali saat mencerna buah.

5. Stres

Ingat ya, Beauty, stres bakal membuat asam lambungmu cepat meningkat. Jadi hindari stres ya apalagi berkepanjangan!

6. Ingat, Maag Gak Akan Sembuh!

Perlu kamu tahu ya, Beauty, sekali kamu menderita maag, maka kamu gak akan bisa lepas darinya. Hal ini karena sudah menjadi mekanisme dalam tubuh. Karenanya, kamu hanya bisa menjaganya supaya gak kambuh aja, Beauty.

Baca Juga: Tandanya Mirip Maag, Kenali 6 Gejala Bahaya Kanker Lambung Ini Beauty!

Semoga informasinya bermanfaat ya!