Penyakit maag biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang enggak sehat, gangguan saluran pencernaan atau komplikasi, dan juga efek samping penggunaan obat tertentu.

Banyak orang yang sulit membedakan penyakit maag dengan gejala penyakit kanker hati. Sebab, posisi antara hati atau liver dan lambung itu berdekatan.

"Membedakan kanker hati dan maag kenyataanya nggak selalu mudah. saya tidak menyalahkan teman-teman saya bahwa di awalnya kanker hati dikatakan sakit maag," ujar dr. Irsan dalam acara webinar bersama Roche, Selasa (28/9/2021).

Kanker hati memerlukan banyak pemeriksaan, mulai dari ultrasonografi (USG), CT scan atau MRI, dan endoskopi, sehingga sering kali menyulitkan untuk didiagnosis.

Namun, dokter Irsan juga mengingatkan bahwa sifat kanker progresif. Sedangkan maag tidak, sehingga pada maag umumnya gejala hilang dan timbul.

"Progresif itu artinya apa, makin lama makin berat kanker itu," tuturnya.

Baca Juga: Waduh, Minuman Ini Bisa Bikin Asam Lambung Kumat Lho! Penderita Maag Jangan Coba-coba Ya

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.