Nyeri haid memang sering kali membuat wanita merasa tidak enak atau lemas. Tapi, ternyata nyeri haid ini bisa diatasi lho. Salah satu aspek penting adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup, yakni mengubah pola makan.

Penasaran bagaimana pola makan yang dilakukan untuk menghilangkan nyeri haid? Simak, penjelasan berikut ini, dilansir dari Suara.com, Rabu (29/9/2021). 

1. Batasi garam

Salah satu gejala PMS adalah perut kembung dan payudara bengkak. Selain disebabkan oleh masalah hormon, ini juga bisa dipicu oleh konsumsi garam berlebihan.

Garam sendiri sudah lama diketahui dapat menahan cairan di dalam tubuh, sehingga membatasi asupannya dapat anjuran terbaik untuk mencegah masalah kembung dan rasa tak nyaman lainnya saat haid. Jadi, hindari makanan cepat saji atau makanan olahan, karena makanan ini umumnya sangat tinggi garam dan gula.

2. Perbanyak buah dan sayuran

Seminggu menjelang haid, konsumsilah lebih banyak buah dn sayuran. Sayuran seperti kangkung dan bayam kaya akan zat besi dan vitamin B, yang dapat membantu menangkal kelelahan. Buah seperti pisang kaya akan kalium yang dapat menangkal pegal dan kram perut saat haid.

3. Minum banyak air

Jangan takut jadi kembung gara-gara kebanyakan minum air. Justru, air akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga membuat tubuh kamu lebih segar meski sedang haid. Air juga akan membantu kerja pencernaan sehingga mencegah perut kembung.

Baca Juga: Beauty, Hindari 6 Makanan Ini Agar Nyeri Haid Enggak Semakin Parah!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.