Nafsu makan yang meningkat sering kita rasakan pada waktu tertentu. Bagi sebagian orang mungkin nafsu makan meningkat ketika mereka mulai mengalami stres atau depresi sehingga makan menjadi hal untuk menenangkan pikirannya. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi terasa lezat dan membangkitkan nafsu makan. 

Sayangnya, nafsu makan meningkat juga dapat menimbulkan masalah. Kita bisa menjadi kalap makan dan berpotensi menambah berat badan. Selain itu, nafsu makan yang berlebih ternyata bisa menjadi tanda penyakit.

Selain dipicu oleh stres ternyata nafsu makan yang meningkat juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit lho. Berikut adalah beberapa penyakit yang mungkin kamu alami jika kamu mulai mengalami nafsu makan yang meningkat, dilansir dari Kompas.com, Rabu (29/9/2021). 

1. Hipertiroidisme 

Hipertiroidisme adalah kondisi saat kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroksin yang membuat metabolisme tubuh semakin cepat. Terkadang percepatan metabolisme tersebut dapat membuat penurunan berat badan dan detak jantung yang tidak beraturan. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Gejala hipertiroidisme tidak hanya berat badan yang menurun dengan cepat dan detak jantung yang tidak beraturan, tetapi juga nafsu makan meningkat.

2. Penyakit Grave 

Terdapat berbagai penyebab dari hipertiroidisme, salah satunya adalah penyakit Grave. Penyakit Grave adalah penyakit autoimun yang menyerang bagian organ tiroid dan menyebabkan meningkatkan produksi hormon tiroid. Penyakit Grave memiliki gejala yang sama dengan hipertiroidisme dan karenanya juga menyebabkan nafsu makan meningkat. 

3. Hipoglikemia 

Kadar gula darah tidak hanya bisa naik, tetapi juga turun. Kadar gula darah yang terlalu rendah dikenal dengan istilah hipoglikemia. Kadar gula darah yang menurun dapat diakibatkan oleh berbagai hal, tetapi umumnya dirasakan oleh penderita diabetes. Hipoglikemia menimbulkan gejala berupa nafsu makan meningkat, mual, gemetaran, kelaparan, berkeringat dingin, dan jantung berdetak kencang.

Baca Juga: Patut Dicoba Nih Beauty! Tahan Nafsu Makan Pakai Trik Ini Aja, Cocok Buat Diet!