Moms, pernahkah kamu mengalami sesak napas? Sesak napas bisa terjadi pada siapapun, terutama pada orang dengan gangguan pernapasan.

Nah, biar pernapasanmu lebih lancar, kamu dapat melakukan teknik pursed lip breathing. Apa itu?

Jadi, teknik pernapasan ini akan membantu kamu untuk bernafas lebih efektif, lebih pelan, dan intens, Beauty,

Fyi, teknik ini pun sangat berguna buat orang yang punya gangguan paru-paru yang menyebabkan mereka menjadi sulit untuk bernapas, seperti adanya penyakit paru-paru, asma, penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), atau fibrosis paru.

Nah, untuk dapat melakukan teknik pursed lip breathing dengan baik, sebaiknya kamu berlatih sekitar 4 hingga 5 kali sehari untuk memahami pola pernafasan yang nyaman untukmu.

Adapun, langkah-langkah teknik pursed lip breathing, sebagaimana dikutip dari laman aido.id, diantaranya adalah:

  • Pastikan otot leher dan bahumu relaks
  • Tarik napas perlahan melewati hidungmu selama dua hitungan dengan mulut tertutup. Jangan tarik napas terlalu dapat, lakukan secara normal
  • Kerucutkan mulutmu (pursed) seperti kamu akan meniup sebuah lilin
  • Buang napas secara perlahan melalui mulut selama empat hitungan (lebih panjang dari proses tarik napas)

Ovel all, penggunaan teknik ini juga dapat membantu paru-paru untuk menjadi lebih rileks, lho Moms.

Dengan pernapasan yang dalam dan konsisten, kamu juga dapat merelaksasikan sistem saraf pusat. Sehingga, kamu pun juga akan merasakan relaks secara keseluruhan.

Tak hanya itu, teknik pernapasan ini pun akan berguna untuk mengurangi stres dan rasa cemas.

Baca Juga: Bukan Bumbu Dapur Biasa, Ternyata Buah Asam Jawa Punya Banyak Manfaat Untuk Berbagai Penyakit!

Tertarik mencobanya, Moms?