Darah tinggi atau hipertensi jadi masalah kesehatan yang banyak dialami oleh masyarakat dunia. Bahkan digadang-gadang bahwa kondisi ini juga menyumbang angka kematian yang besar karena kurangnya kesadaran masyarakat atas masalah kesehatan ini.

Banyak yang enggak sadar bahwa dirinya menderita tekanan darah tinggi karena umumnya kondisi ini tak menimbulkan gejala. Namun, jika tak diatasi dengan serius, ini bisa menyebabkan penyakit yang mengancam nyawa, seperti serangan jantung.

Nah, ternyata asupan makanan juga berpengaruh besar terhadap kondisi tekanan darah. Terlebih bagi orang-orang yang gemar mengonsumsi makanan asin. Pasalnya garam menjadi salah satu musuh penderita darah tinggi.

Meski begitu, Anda masih bisa mengonsumsi garam dalam batas yang wajar. Porsi garam tak boleh berlebihan, utamanya buat para penderita hipertensi, stroke dan darah tinggi.

Hal ini diungkapkan oleh Aldis Ruslialdi SKM CNWC, Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood. Menurutnya konsumsi garam yang tak terkontrol akan mengganggu kinerja ginjal hingga tekanan darah.

Baca Juga: Rasanya Asam, Belimbing Wuluh Efektif untuk Atasi Hipertensi dan Gula Darah Lho! Begini Racikannya

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.