Penyakit diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Makanya, para penderita diabetes harus banyak mengurangi konsumsi yang manis-manis.

Penderita diabetes tentu harus selalu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, salah satunya buah. Semua tahu kalau buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, kalau penderita diabetes konsumsi buah mangga yang manis boleh enggak sih?

Secara umum, sebesar 90 persen kalori dalam mangga berasal dari gula. Itulah mengapa mangga kemungkinan bisa menaikkan kadar gula darah penderita diabetes.

Melansir dari berbagai sumber (29/9/2021), ternyata dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam PubMed Central oleh peneliti asal University of Colombo menemukan bahwa kandungan serat dan berbagai macam antioksidan pada buah mangga mampu meminimalkan kenaikan gula darah dalam tubuh.

Ketika serat mangga dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, penelitian dalam Journal of Diabetes Investigation menemukan bahwa antioksidan dalam mangga dapat membantu menurunkan respons stres yang berhubungan dengan kenaikan kadar gula darah.

Jadi, dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa makan mangga sebenarnya boleh-boleh saja dan enggak berbahaya bagi para penderita diabetes.

Baca Juga: Selain Diabetes, Penyakit Ini juga Bisa Rontok Jika Sering Konsumsi Rambutan, Coba Rasakan Khasiatnya!

Meski boleh-boleh saja, kamu juga harus tetap memerhatikan porsi buah mangga yang dikonsumsi, ya. Jangan sampai kamu makan terlalu berlebihan.