Penelitian Ungkap Corona Bisa Menular Lewat Mata! Ahli Mulai Ragukan Efektivitas Penggunaan Masker Saja...

12 Mei 2020 19:30 WIB

Mata. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Beauty, kamu harus tahu bahwa penelitian menemukan virus corona dapat memasuki tubuh melalui mata. Dengan temuan ini, para ilmuwan mulai meragukan efektivitas penggunaan masker wajah saja sebagai tindakan pencegahan COVID-19.

SARS-CoV-2, jenis virus yang menyebabkan Covid-19, telah ditemukan menempel pada reseptor ACE-2, yang dikenal sebagai "gerbang" virus masuk ke dalam sel-sel di tubuh. Reseptor ini ditemukan di saluran pernapasan dan paru-paru, yang merupakan tempat serangan virus corona setelah mikroba dari orang yang terinfeksi dihirup oleh orang lain.

Baca Juga: Wah, Peneliti Sebut Mata Merah Bisa Jadi Gejala Corona!

Namun, sebuah penelitian yang dipimpin oleh Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins kini menemukan bahwa bagian mata juga memproduksi ACE-2. Ini berarti bagian mata juga menjadi sasaran masuknya virus corona ke dalam tubuh.

Jika orang yang terinfeksi COVID-19 melakukan bersin atau batuk dan tetesan atau dropletsnya mengenai mata orang lain, virus itu akan menular. Ini juga menjadi alasan mengapa 30% pasien COVID-19 mengalami konjungtivitis (penyakit mata merah) sebagai gejala Covid-19.

Dengan hasil penelitian ini juga berarti selain tetesan atau droplets dari bersin dan batuk, air mata pun dapat menyebarkan virus.

Baca Juga: Wajib Tahu! Selain Masker, Kacamata Juga Dianggap Efektif untuk Melindungi Diri dari Paparan Virus Corona

Tim ilmuwan, yang dipimpin oleh Lingli Zhou dari Departemen Oftalmologi di Johns Hopkins, menganalisis sepuluh mata dari tubuh orang-orang yang telah meninggal karena sebab yang tak terkait dengan Covid-19. Semua spesimen mata mengekspresikan ACE-2 di jaringan yang melapisi bagian dalam kelopak mata, kornea dan limbus, perbatasan antara kornea dan bagian putih mata.

"Hasil ini menunjukkan bahwa sel permukaan mata termasuk konjungtiva rentan terhadap infeksi oleh SARS-CoV-2, dan karenanya dapat melayani sebagai pintu masuk dan juga reservoir untuk penularan virus ini dari orang ke orang," katanya dalam makalah pra-cetak tentang MedRxiv seperti dilansir dari Daily Star (12/5/2020).