Belum lama ini sebuah studi menyebutkan beberapa minuman yang dikonsumsi sebelum melakukan tes antigen dapat memberikan reaksi hasil positif palsu Covid-19.

Tes antigen sejatinya merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah tubuh terpapar Covid-19 atau tidak. 

Sekarang ini, tes antigen menjadi salah satu syarat untuk bisa beraktivitas di luar rumah seperti untuk bekerja atau melakukan perjalanan darat, udara dan laut. 

Disebutkan pada International Journal of Infectious Disease, para peneliti mengungkapkan terdapat sejumlah minuman yang dapat bereaksi pada tes antigen yang membuatnya menjadi tak akurat. 

"Semua minuman bersoda, energy drink, minuman beralkohol, air mineral kemasan, dan air mineral berkarbonasi menyebabkan munculnya garis merah," kata peneliti dikutip dari health.detik.com (29/9/2021). 

Garis merah yang dimaksud merupakan pertanda positif Covid-19.

Para peneliti juga menyarankan untuk melakukan tes antigen di pagi hari sebelum makan dan minum agar mendapatkan hasil yang akurat.

Baca Juga: Waspada! Anak yang Terpapar Covid-19 Berisiko Komplikasi MIS-C, Berikut Sederet Gejalanya

Hal ini selaras dengan sebuah studi yang dilakukan di Queen Mary University of London, University of Oxford, Intitute for Advanced Studies, dan Medical Univeristy of Graz. Dimana mereka mendapati 95 persen tes ini efektif dalam mendeteksi Covid-19.