Pandemi virus corona Covid-19 belum berakhir sampai saat ini. Setiap harinya, masih banyak masyarakat yang positif terpapar virus corona Covid-19.

Enggak langsung sembuh total, ada beberapa pasien Covid-19 yang mengalami gejala Long Covid. Salah satu gejala yang dikeluhkan adalah sulit fokus atau otak menjadi lebih lemot dari biasanya.

Meski setelah Covid-19 beberapa saraf otak mati, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Wirawan Hambali, Sp. PD menyarankan untuk melakukan rehabilitasi yang bisa melatih otak, agar kemampuan berpikirnya kembali secara perlahan.

"Misalnya memang ada dampak dari Covid-19 di otak kita, di bagian tertentu, dari bagian atensi kita bisa melatih otak kita mengembangkan bagian otak yang lain," ujar dr. Wirawan dalam acara diskusi RS Pondok Indah Group, Rabu (29/9/2021).

Proses melatih otak ini, kata dr. Wirawan, juga kerap digunakan pada pasien stroke yang beberapa sel otaknya mati karena serangan. Namun setelah pulih, dokter biasanya menyarankan untuk melatih bagian lain dari otaknya.

"Jadi ketika seseorang kena stroke di sebelah kiri, itu kita bisa melatih otak sebelah kanan. Kita sering melihat contoh orang yang alami kondisi penyakit kronis, pulih karena melatih, termasuk melatih fokus kembali," ungkapnya.

Baca Juga: Ahli Prediksi Gelombang Ketiga Covid-19, Yuk Konsumsi 4 Buah Ini untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.