Mengelola kolesterol dan gula darah penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kadar kolesterol dalam darah wajib dikelola dengan baik, sehingga tak memicu munculnya berbagai penyakit. Menariknya ada cara mudah untuk mengontrol itu semua, salah satu caranya dengan mengonsumsi tiga jenis teh ini.

Tingginya kadar kolesterol bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer. Selain itu, kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan naiknya tekanan darah.

Kolesterol tinggi disebabkan oleh banyak faktor seperti pola makan yang buruk, kurang aktif, obesitas, merokok, kurang olahraga, diabetes, dan usia. Perlu diketahui ada banyak cara untuk mengelola kadar kolesterol dalam darah, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengubah gaya hidup.

Teh bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Teh mengandung antioksidan yang membantu mengontrol dan menurunkan kolesterol. Berikut ini tiga jenis teh yang bermanfaat untuk memanajemen kolesterol dalam darah, yuk dicoba!

Teh Hijau

Sudah bukan rahasia lagi bila teh hijau baik untuk kesehatan. Teh hijau kaya akan antioksidan yang baik untuk kolesterol serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Cobalah mengonsumsi dua cangkir teh hijau dalam sehari untuk merasakan manfaatnya. Selain menurunkan kolesterol, teh hijau juga bermanfaat menurunkan berat badan, risiko diabetes, dan menjaga fungsi otak.

Teh Oolong

Teh oolong diketahui baik untuk kesehatan jantung. Teh ini juga efektif mengurangi risiko mengembangkan kadar kolesterol jahat. Tak hanya itu, teh oolong juga bermanfaat untuk mengelola kadar gula darah.

Teh Hitam

Jenis teh lainnya yang baik untuk mengelola kolesterol adalah teh hitam. Teh hitam bermanfaat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Sama dengan dua jenis teh sebelumnya, teh hitam juga efektif mengontrol gula darah. Teh hitam mampu mengontrol tekanan darah serta meningkatkan kesehatan usus.

Baca Juga: Jenis-jenis Teh Ini Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Ada yang Bisa Turunkan Kolesterol!

Selain mengonsumsi teh herbal di atas, ada baiknya kamu juga menghindari makanan yang bisa memicu melonjaknya kadar kolesterol. Beberapa jenis makanan bisa meningkatkan kolesterol jahat seperti gorengan, makan cepat saji, makanan olahan, makanan penutup, keripik, kue kering, dan makanan yang mengandung tambahan gula. Jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung cukup serat.