Beauty, keberadaan dan kondisi toilet baik itu di rumah atau di fasilitas umum harus diperhatikan kebersihannya agar tak menimbulkan penyakit.

Pasalnya, kondisi toilet yang kotor dapat berpotensi menyebabkan munculnya penyakit dan sejumlah infeksi bagi tubuh.

Ini karena beberapa patogen melayang di atas dudukan toilet, tombol pembilas, semprotan jet, kenop pintu, dan area di sekitar toilet.

Nah, ketika mikroba ini bersentuhan dengan kulit manusia atau masuk ke hidung, mulut atau mata melalui tangan yang terkontaminasi, mereka menyebabkan berbagai macam infeksi, di antaranya bisa parah atau mengancam jiwa.

Dilansir dari Boldsky, berikut berbagai infeksi yang mungkin ditularkan dengan menggunakan toilet kotor.

1. Infeksi hepatitis A

Awas ya, Beauty, penyakit ini biasanya ditularkan melalui jalur fekal-ke-oral. Gejala infeksi hepatitis A termasuk demam, mual dan kram perut. Masa inkubasi virus yang lama itulah sebabnya infeksi seringkali tidak dikenali.

2. Gonore

Gonore adalah jenis penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menyebar melalui dudukan toilet. Akibatnya akan menimbulkan gejala seperti keputihan yang kental dan berwarna hijau dalam waktu singkat dan mungkin resisten terhadap beberapa antibiotik seperti ciprofloxacin.

3. Pneumonia

Sebuah penelitian membuktikan adanya bakteri pneumonia pada ponsel petugas kesehatan. Mikroba diperkirakan telah ditularkan ke perangkat dari berbagai sumber termasuk dudukan toilet. Ini mungkin terjadi ketika seseorang menggunakan ponselnya saat buang air besar dan gak mencuci tangan.

4. ISK 

Beauty, kebiasaan buang air kecil yang buruk dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK), lho! ISK sendiri adalah masalah kesehatan yang umum terjadi pada wanita usia muda, terutama yang memiliki kebiasaan menggunakan toilet barat.

5. Kutu kemaluan

Kutu kemaluan lazimnya ditemukan di area rambut kemaluan. Mereka menyebar terutama melalui dudukan toilet atau kontak seksual. Biasanya, kutu ini akan mengakibatkan rasa gatal di daerah genital pada malam hari adalah gejala utama infeksi. Duh!

6. Diare

Diare disebabkan oleh bakteri Salmonella atau Campylobacter. Ketika seseorang bepergian ke suatu tempat dengan sanitasi yang buruk, mereka juga dapat mengalami diare karena infeksi E. coli, Shigella atau parasit tertentu yang ada pada tinja.