Hayo, siapa di sini yang hobi minum kopi alias coffeholic??

Bagi sebagian orang, tak terkecuali wanita, kayaknya belum memulai hari namanya tanpa minum kopi, iya gak sih?

Meski begitu, ternyata ada satu hal yang bikin kaum hawa khawatir soal kopi, lho! Ya, dampak minum kopi disebut-sebut bisa jadi penyebab vagina alias Miss V bau! Bener atau gak, ya?

“Kopi memang benar bisa memengaruhi kondisi pH Miss V. Kestabilan pH Miss V sebenarnya harus dijaga supaya organ kewanitaan itu gak kena masalah,” tutur dr. Devia Irine Putri, sebagaimana dikutip di laman KlikDokter.

Lantas, berapa batas normal pH Miss V? Ternyata, kadar pH normal Miss V berkisar 3,8 - 4,5. Kondisi itu termasuk ke dalam pH asam, lho.

Nah karenanya, kata dr. Devia, saat kamu haid atau menopause, pH Miss V mungkin saja bisa di atas 4,5 dan itu normal. Namun, saat kamu terlalu banyak dan terlalu sering minum kopi, pH Miss V bisa berubah drastis dan membuat kamu rentan terinfeksi jamur serta menyebabkan bau tak sedap pada organ intim. Waduh!

“Tapi tak perlu terlalu khawatir, jika konsumsi kopi hanya 1-2 cangkir sehari, itu masih wajar dan seharusnya tidak sampai mengubah pH vagina. Kecuali, wanita mengonsumsi kopi benar-benar banyak. Lagi pula, penyebab bau vagina tak cuma karena kebanyakan minum kopi. Bisa saja karena kondisi yang terlalu lembap, keputihan, atau infeksi,” sambungnya.

Baca Juga: Kopi Bisa Hempaskan Ketombe di Kulit Kepala? Begini Caranya!