Menu

10 Cara Jitu Mempertahankan Berat Badan Setelah Diet, Wajib Dilakoni Beauty!

Jasmine Rahmanizahra Sumirat
30 September 2021 11:15 WIB
10 Cara Jitu Mempertahankan Berat Badan Setelah Diet, Wajib Dilakoni Beauty!

Mengukur lingkar perut. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Setelah diet mulai berhasil, hal yang kemudian menjadi tantangan berikutnya adalah dengan mempertahankan berat badan. Tidak sedikit lho yang merasa kesulitan untuk menjaga berat badannya agar tetap stabil. 

Kamu tentu tidak ingin berat badan kembali naik, kan? Untuk itu, simak 10 cara jitu untuk mempertahankan berat badan, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (30/9/2021). 

1. Mengubah Tujuan Diet

Diet yang benar bukanlah sekadar mengecilkan lingkar perut dan pinggang. Anda juga harus mengubah keseluruhan gaya hidup menjadi lebih sehat. Jika ini yang dijalani, berat badan pun akan terjaga dengan sendirinya.

2. Hindari Diet Instan

Ingat, diet instan tidak akan memberikan hasil yang baik dan optimal. Ikuti aturan diet yang tepat dengan cara menyeimbangkan nutrisi dan berolahraga teratur.

3. Motivasi Diri Sendiri

Akhir pekan atau liburan sering kali menjadi pembenaran bagi orang untuk makan tidak sehat atau makan sepuasnya.

Semangati diri Anda agar tidak kembali kepada pola hidup yang lama, misalnya dengan menempelkan sticky notes berisi motivasi di dompet, meja makan, atau meja kantor. Ingatlah perjuangan yang telah Anda lewati hingga tahap ini.

4. Timbang Berat Badan Secara Berkala

Jangan buru-buru membenci timbangan Anda. Menimbang berat badan secara berkala dapat berguna untuk meningkatkan kontrol diri, terutama jika Anda sedang ingin makan tidak sehat. Alhasil, Anda dapat mengerem keinginan-keinginan sesaat yang dapat melambungkan berat badan.

5. Waspada Terhadap Stres

Stres dapat mengacaukan metode diet Anda. Sebab, ketika Anda sedang dalam keadaan tertekan, tidak jarang keinginan makan semakin bertambah.

Untuk mengatasi stres, Anda perlu membuat pikiran kembali segar dengan melakukan hobi, berlibur, curhat dengan orang-orang terdekat, meditasi, atau bahkan berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater.

6. Menghitung Kalori Harian

Cara lain untuk menjaga berat badan adalah dengan menghitung kalori harian secara teratur. Menurut survei pengendalian berat badan, para wanita yang berhasil diet adalah yang sukses mengonsumsi kurang dari 1.800 kalori sehari dan membatasi asupan lemak.

7. Sarapan

Penelitian mengatakan, wanita yang rutin sarapan akan lebih berhasil menurunkan berat badan dalam jangka panjang dibandingkan mereka yang tidak sarapan.

Contoh pilihan sarapan yang baik yaitu oatmeal, yoghurt, dan buah segar. Mulailah hari dengan sarapan untuk menghindari makan siang yang berlebihan.

8. Membangun Otot

Pertahankan metabolisme yang baik dengan membangun otot tubuh Anda. Otot mempunyai metabolisme yang lebih tinggi daripada lemak. Mulailah berlatih dengan beban sebagai olahraga harian.

9. Rutin Berolahraga

Menurut para ahli, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari selama 5 hari dalam seminggu dapat menjadi cara untuk mempertahankan berat badan setelah diet.

Semakin banyak berolahraga, semakin baik Anda mempertahankan berat badan. Usahakan untuk setidaknya melakukan aktivitas fisik sehari-hari, seperti berjalan, naik tangga, joging dan lain-lain.

10. Perhatikan Jenis Karbohidrat yang Anda Konsumsi

Makan terlalu banyak produk karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan jus buah dapat merusak rencana diet Anda. Sebab, makanan tersebut telah kehilangan serat alaminya.

Setelah diet berhasil, tetap jaga pola hidup dengan baik, ya!

Share Artikel: