Diabetes merupakan penyakit kronis yang berlangsung dalam jangka waktu panjang. Penderita diabetes pun harus mengubah pola hidupnya agar bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Penderita diabetes dituntut untuk membatasi asupan gula berlebih karena bisa memicu kenaikan gula darah dan meningkatkan risiko masalah komplikasi.

Oleh sebab itu, banyak yang memilih buah-buahan untuk mendapatkan asupan yang bergizi. Namun, enggak semua buah baik untuk penderita diabetes lho.

Salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah alpukat. Buah ini ternyata punya khasiat yang luar biasa untuk diabetes jika rutin dikonsumsi.

Buah ini rendah karbohidrat, namun mengenyangkan. Alpukat disebut baik dikonsumsi penderita diabetes tipe 2.

Untuk informasi, alpukat merupakan buah yang rendah karbohidrat, rendah lemak, dan tinggi serat. Berikut empat alasan alpukat baik untuk penderita diabetes tipe 2:

Sumber serat yang baik

Setengah alpukat berukuran kecil mengandung sekitar 5,9 gram karbohidrat dan 4,6 gram serat. Menurut National Academies, asupan serat harian mininum yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah Perempuan 50 tahun ke bawah: 25 gram. Perempuan di atas 50 tahun: 21 gram Laki-laki 50 tahun ke bawah: 38 gram Laki-laki di atas 50 tahun: 30 gram.

Sebuah tinjauan 2012 yang diterbitkan dalam Journal of American Board of Family Medicine menyebutkan suplemen serat untuk diabetes tipe II bisa menurunkan kadar gula darah puasa dan kadar A1c.

Baca Juga: Selain Diabetes, Penyakit Ini juga Bisa Rontok Jika Sering Konsumsi Rambutan, Coba Rasakan Khasiatnya!

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.