Saat ini handphone (HP) seolah-olah tidak bisa lepas dari tangan kita. Dimulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, kita pasti selalu menatap layar HP. Namun, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan HP berlebihan dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan seseorang.

Akan ada banyak sekali gangguan kesehatan yang terjadi sebagai dampak negatif HP. Berikut adalah 6 penyakit yang mungkin akan kamu alami saat berlama-lama melihat layar Hp, dilansir dari Alodokter, Jumat (1/10/2021).

1. Trigger thumb (jempol menekuk)

Trigger thumb terjadi akibat penebalan pada pembungkus tendon ibu jari. Pada kondisi ini, ibu jari menjadi kaku dan tetap dalam keadaan bengkok meski sedang tidak menggunakan HP.

Jika dipaksa untuk kembali pada posisi lurus, ibu jari yang kaku ini akan menimbulkan bunyi gemeretak dan rasa sakit pada sendi.

2. Cubital tunnel syndrome

Memainkan HP bisa membuat kamu sering menekuk siku atau bertumpu pada siku, baik itu saat bermain game, menjelajah media sosial, ataupun menelepon. Jika ini terlalu sering dilakukan, ada risiko saraf ulnaris di bagian sikutmu akan terganggu.

Akibatnya, kamu bisa mengalami mati rasa, kesemutan, atau nyeri yang menjalar, mulai dari siku hingga kelingking dan jari manis.

Baca Juga: Computer Vision Syndroms, Penyakit yang Bisa Terjadi Jika Terlalu Sering Menatap Layar Monitor