Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Konsultan Ginjal Hipertensi, dr. Tities Indra, Sp.PD, KGH., mengimbau, masyarakat, tak terkecuali kaum hawa agar lebih aware tentang penyakit gagal ginjal.

Menurut dr. Tities, istilah gagal ginjal kronis sendiri artinya adalah kerusakan permanen pada ginjal yang disertai dengan penurunan fungsi ginjal yang bisa semakin memburuk dari waktu ke waktu. Jika kerusakan ginjal sangat berat, organ ginjal bisa berhenti bekerja total sehingga pasien tersebut membutuhkan terapi pengganti ginjal seperti hemodialisis, peritoneal dialisis ataupun transplantasi ginjal

Untuk mengetahui ginjal kita sendiri sehat atau enggak, kata dr. Tities, pemeriksaan kesehatan di dokter memang lebih akurat, namun ada beberapa tanda yang bisa menjadi petunjuk tentang kondisi kesehatan ginjal kita.

Ciri-ciri ginjal sehat salah satunya bisa diketahui dari urine yang jernih . Jika urine tampak jernih, tandanya tubuh kita terhidrasi dengan baik. Tercukupinya kebutuhan cairan harian tubuh berperan besar dalam membantu ginjal untuk dapat berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, ciri-ciri ginjal sehat lainnya adalah kemampuannya mengeluarkan jumlah urine yang cukup , sehingga tidak terjadi penumpukan cairan di tubuh yang berakibat bengkak pada tubuh.

“Jika dilihat dalam pemeriksaan Lab, tanda ginjal sehat antara lain  nilai pemeriksaan urinalisa normal dan nilai laboratorium ureum dan kreatinin dari darah normal, dan apabila dilakukan pemeriksaan ultrasonografi ginjal tak dijumpai adanya kelainan pada morfologi ginjal,” papar dr. Tities, kepada HerStory, Jumat (1/10/2021).

Lebih lanjut, dr. Tities melanjutkan, penyakit gagal ginjal apat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti diabetes melitus, hipertensi, obesitas, batu saluran kemidh serta mengalami infeksi saluran kemih berulang. Penyakit ginjal juga bisa terjadi saat kamu memiliki pola makan yang buruk, jarang minum air putih, dan suka mengkonsumsi obat-obatan yang bersifat toksik bagi ginjal.

Untuk itu, saran buat kamu, Beauty, lakukanlah kebiasaan untuk mencegah penyakit ginjal, seperti menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan banyak minum air putih, rajin berolahraga, membatasi konsumsi gula dan garam, menjalani pola makan yang sehat dengan memperbanyak mengonsumsi buah, sayuran, susu rendah lemak, dan makanan bebas lemak, serta menghindari kebiasaan merokok dan pengonsumsian alkohol agar ginjal tetap dalam berfungsi optimal.

Baca Juga: Masih Sayang Nyawa? Jangan Sepelein 5 Tanda Peringatan Batu Ginjal Ini Ya!