Beauty, tahu gak, ternyata sariawan tak hanya terjadi di dalam rongga mulut aja lho, tapi juga bisa menjangkiti area intimmu alias Miss V, lho.

Ya, bagi sebagian orang mungkin aneh mendengar keluhan ini, tapi ini nyata adanya, Beauty.

Menurut dr. M. Dejandra Rasnaya, seperti dikutip dari laman KlikDokter, sariawan merupakan proses peradangan pada permukaan mukosa, baik pada mulut, bibir, maupun Miss V. Sariawan di area Miss V ini dapat ditandai dengan lesi kemerahan yang disertai rasa nyeri.

Adapun kata dr. M. Dejandra, penyebab paling umum munculnya sariawan pada Miss V adalah karena penyakit menular seksual (PMS/IMS).

“Kelompok penyakit ini disebut PMS atau IMS karena menular melalui kontak kulit ketika berhubungan seksual. Dan penyakit yang menyebabkan keluhan tersebut adalah herpes genital dan sifilis,” bebernya.

Penyebab kedua adalah karena infeksi jamur. Nah, infeksi jamur ini sering terjadi di area Miss V karena kondisinya yang lembap sehingga menyebabkan radang.

“Infeksi jamur Candida albicans merupakan penyebab paling sering dari peradangan yang disebut vulvovaginitis ini.Gejala yang ditimbulkan dapat berupa kemerahan yang nyeri, perih, hingga timbulnya gelembung yang dianggap sebagai sariawan pada vagina,” paparnya.

Tak berhenti di situ, kata dr. M Dejandra, penyebab munculnya sariawan pada Miss V selain bisa menyebabkan vulvovaginitis, bakteri seperti streptococcus atau staphylococcus juga dapat menginfeksi kulit daerah kemaluan.

Baca Juga: Ini Kesalahan Membersihkan Organ Kewanitaan, Awas Nomor 2 Paling Sering Dilakukan tanpa Sadar Lho!