Banyak tumbuhan yang bisa menjadi obat herbal berbagai penyakit. Salah satu yang berkhasiat adalah daun salam untuk mengatasi diabetes.

Mengutip dari World Health Organization (WHO), daun salam disebut efektif mengontrol gula darah. Penyakit diabetes umum diderita masyarakat tak hanya di tanah air tapi sejumlah negara lainnya.

Penderita diabetes bisa menambahkan daun salam utuh ke dalam sup dan kari. Opsi lainnya, olah daun salam kering menjadi bubuk dan mencampurkannya dalam menu makanan sehat lainnya.

Sementara dikutip dari NDTV, konsumsi satu sendok daun salam cukup untuk membantu mengatur kadar gula darah. Di dalam daun salam terkandung vitamin A, C, dan asam folat yang baik untuk kesehatan. Daun salam dipercaya bisa mencegah risiko gangguan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, serta penghilang stres.

Khusus untuk penderita diabetes, daun salam berperan untuk membantu meningkatkan fungsi insulin. Daun salam memiliki efek hipoglikemik pada penderita diabetes karena mengandung fitokimia dan minyak esensial.

Konsumsi daun salam bisa meningkatkan metabolisme insulin dan glukosa. Asal tahu saja, kandungan polifenol dalam daun salam membantu mengendalikan kadar glukosa.

Baca Juga: Selain Diabetes, Penyakit Ini juga Bisa Rontok Jika Sering Konsumsi Rambutan, Coba Rasakan Khasiatnya!

Tak hanya itu, daun salam juga mampu meningkatkan profil lipid pada penderita diabetes. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari daun salam, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsinya bersamaan dengan pengobatan rutin, diet sehat, dan gaya hidup sehat lainnya.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.