Kehamilan kembar menjadi keinginan banyak orang tua. Kehamilan kembar atau dalam bahasa medis disebut Gemeli bukan hanya mengandung dua janin, tetapi bisa juga tiga janin atau pun lebih.

Banyak faktor yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar. Beberapa faktor ini bersifat alami, seperti riwayat keluarga yang kembar. Sementara faktor yang lain bergantung pada metode pengobatan dan fisik wanita.

Untuk diketahui, ada dua jenis kembar yakni kembar identik dan kembar fraternal. Kembar identik lahir sebagai hasil dari sel telur yang dibuahi tunggal membelah menjadi dua embrio. Sedangkan kembar fraternal lahir sebagai hasil dari dua telur yang dibuahi dengan dua sperma.

Konsepsi kembar identik adalah alami sedangkan konsepsi kembar fraternal terutama dipengaruhi oleh banyak faktor. 

Dilansir dari Boldsky (4/10/2021) berikut ini gambaran tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar atau kembar fraternal:

1. Genetika

Jika ingin hamil anak kembar, peran genetik sangatlah penting. Riwayat keluarga kembar dianggap sebagai alasan utama untuk mengandung anak kembar secara alami.

Jika ada riwayat kembar fraternal dari pihak ibu, kemungkinan hamil anak kembar akan meningkat dan jika gen berada di kedua pihak keluarga (ayah dan ibu keduanya), maka kemungkinannya lebih besar.

Kemudian dari segi usia, jika ibu sudah berusia di atas 30 tahun dengan riwayat kembar, otomatis peluangnya naik. Bagi pasangan dengan riwayat keluarga kembar, konseling genetik prenatal sangat penting untuk mencegah komplikasi kehamilan.

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak Kembar Agar Tak Saling Ketergantungan