Asupan makanan yang mengandung tinggi purin menjadi faktor utama terhadap kondisi asam urat. Ini merupakan salah satu penyakit fisik yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada tubuh, terutama pada persendian.

Sebagian besar penduduk dunia menderita radang sendi. Penyakit ini telah terlihat dalam berbagai bentuk dan kebanyakan dari penyakit persendian memang sangat menyakitkan.

Asam urat adalah jenis radang sendi yang terutama disebabkan oleh pembentukan dan sekresi asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Asam urat menyebabkan pembentukan kristal pada tulang rawan tendon, sendi dan berbagai jaringan lain dalam tubuh, khususnya di dalam dan di sekitar sendi.

Meskipun banyak perawatan telah ditemukan untuk melawan asam urat, ada beberapa pengobatan rumahan untuk asam urat yang sangat efektif. Ini beberapa cara dan juga ramuan yang paling efektif untuk mengatasi nyeri sendi akibat asam urat:

1. Kompres hangat atau dingin

Bukan diminum, namun menggunakan kompres hangat atau dingin ke bagian yang terasa nyeri juga bisa jadi obat asam urat.

Beberapa studi merekomendasikan mengompres dingin atau merendam kaki ke dalam air dingin.

Merendam atau mengompres kaki dengan air hangat direkomendasikan apabila rasa nyeri atau inflamasi tak terlalu intens.

Baca Juga: Nggak Nyangka, Makanan Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat Lho, Mulai Dari Gandum Sampai Soda Kue!

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.