Sakit kepala adalah salah satu gangguan paling umum yang mempengaruhi sistem saraf. Masalah kesehatan ini sangat menyakitkan hingga menggangu aktivitas sehari-hari.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah dari populasi orang dewasa di dunia dipengaruhi oleh sakit kepala, baik itu berupa denyutan tiba-tiba atau rasa sakit yang terus-menerus. Sakit kepala bisa sangat menyiksa dan menyulitkan seseorang untuk berfungsi secara normal.

Sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai alasan termasuk diet, tingkat hidrasi, lingkungan kerja dan rumah, serta kesehatan seseorang secara keseluruhan. Jenis sakit kepala yang paling umum adalah migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala sinus.

Dalam kebanyakan kasus, sakit kepala relatif tak berbahaya. Namun, dalam beberapa kasus, ini bisa menjadi indikasi masalah kesehatan yang parah seperti stroke, tumor otak, atau aneurisma.

Sakit kepala dapat dikelola dan diredakan dengan banyak cara. Namun, banyak yang memilih mengonsumsi obat karena dianggap paling efektif membasmi sakit kepala. Padahal ada lho beberapa cara alami untuk meringankan sakit kepala.

Dilansir dari Boldsky (5/10/2021) berikut ini cara cepat dan efektif untuk meredakan sakit kepala tanpa takut efek samping yang parah secara alami:

1. Pisang

Solusi paling umum dan mudah untuk sakit kepala adalah pisang. Karena buah ini kaya akan potasium dan magnesium, pisang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Pisang juga bisa melepaskan pembuluh darah dan mengurangi rasa sakit kepala.

Baca Juga: Alami Sakit Kepala di Pagi Hari? Awas, Bisa Jadi Pertanda Hipertensi! Perhatikan Cirinya...