Kanker payudara jadi salah satu penyakit yang ditakuti wanita. Beberapa studi mengatakan, selain dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga juga dapat mengurangi risiko kanker payudara hampir 20 persen, lho Beauty!

Nah, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh The America Cancer Society, sebagai langkah pencegahan, sebaiknya kamu melakukan setidaknya 150 menit waktu untuk berolahraga secara intens dalam seminggu, Beauty. Bila tidak cukup memiliki banyak waktu, kamu bisa melakukannya selama sedikitnya 75 menit per minggu.

Eitss tapi ingat, kamu jangan asal berolahraga juga. Perhatikan baik-baik olahraga yang kamu pilih, karena ada beberapa olahraga tertentu yang bila rutin kamu kerjakan terbukti dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 35 persen, lho. Apa saja?

Dikutip dari Boldsky, berikut ulasannya, Beauty!

Jogging

Nah, kamu juga bisa melakukan jogging santai selama 15 menit setiap hari, Beauty. Karena ternyata olahraga ini dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara dengan presentase yang cukup besar. Bahkan hanya dengan berjalan keliling di sekitaran rumah juga memiliki keuntungan yang sama seperti jogging, lho! Jangan males, ah.

Latihan pernapasan

Asal kamu tahu, Beauty, latihan pernapasan telah dikaitkan dengan pencegahan kanker paru-paru. Tapi, secara ajaib juga efektif dalam mencegah kanker payudara pada wanita, lho.

Sit up

Ini juga penting ini, setiap hari usahakan deh kamu melakukan 20 sit up agar lemak di bagian atas perut (dekat payudara) dapat berkurang. Lemak, menurut penelitian telah terbukti salah satu penyebab munculnya kanker payudara, lho!

Renang

Selanjutnya, ada penelitian yang menyebutkan bahwa berenang merupakan olahraga yang paling efektif untuk mencegah kanker payudara, lho, karena sering melibatkan bagian dada untuk bergerak aktif. 

Push up

Tahu gak, Beauty, menurut riset, wanita yang rajin push up akan mengurangi kepadatan jaringan payudara sehingga sel kanker akan sulit berkembang. Tertarik nyoba gak, Beauty?

Baca Juga: Gak Semua Benjolan di Payudara Itu Kanker, tapi Waspada Jika Kamu Dapati Tanda Ini Beauty! Kata Dokter…

Yuk, semangat olahraganya, Beauty!