Kanker payudara sejatinya bukanlah penyakit menular sehingga tak masalah jika ibu menyusui bayi saat terkena kanker payudara. 

Kendati begitu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan jika ingin menyusui bayi dengan kondisi tersebut. 

Menghimpun dari berbagai sumber (5/10/2021), jika sedang dalam masa pengobatan dan terapi radiasi sebaiknya jangan memberikan ASI. Dikhawatirkan, obat-obatan yang sedang dikonsumsi dapat ikut terminum oleh bayi dan bisa menyebabkan keracunan.

Dimana obat-obatan tersebut tentunya bertujuan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di jaringan payudara. Mengingat jenis obat kanker yang mengandung bahan kimia ini dapat bertahan dalam tubuh lebih dari dua minggu. 

Selain itu, terapi radiasi yang dijalani oleh ibu penderita kanker payudara bisa mempengaruhi produktivitas ASI yang membuat ASI keluar sedikit serta puting yang menurun. 

Tetapi jika ibu sedang dalam pengobatan lumpektomi, ibu bisa memberikan ASInya karena sifat dari pengobatan tersebut yang tak terlalu ekstensif. 

Baca Juga: Gak Semua Benjolan di Payudara Itu Kanker, tapi Waspada Jika Kamu Dapati Tanda Ini Beauty! Kata Dokter…

Meskipun begitu tetap saja ibu yang terkena kanker payudara dan sedang dalam masa menyusui sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dulu bersama dokter.