Jika berbicara soal makanan, rasanya Indonesia jadi salah satu negara yang memiliki banyak makanan khas. Di berbagai daerah di Indonesia memiliki makanan dengan cirinya masing-masing.

Kini, berbagai makanan asli dari sejumlah penjuru Indonesia telah mendapatkan popularitas di dunia internasional. Beberapa diantaranya pun berhasil menembus pasar terbesar di sejumlah negara.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan makanan produk asli Indonesia yang telah mendunia:

1. Rendang

Berasal dari Padang, Sumatra Barat, Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang telah lama dikenal secara internasional. Salah satunya adalah ketika Rendang masuk dalam 50 makanan paling lezat di dunia versi CNN Internasional pada tahun 2011 lalu.

Tak hanya itu, chef populer dunia, Gordon Ramsay juga sempat mencoba memasak rendang bersama William Wongso di acara tvnya, Gordon Ramsay: Uncharted.

2. Nasi goreng

Nasi Goreng telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Popularitas makanan ini terlihat dari adanya Nasi Goreng dalam daftar makanan favorit Presiden AS ke-44, Barack Obama. Selain itu, dalam acara World Expo Shanghai China tahun 2010 lalu, nasi goreng berhasil terjual hingga 700 porsi. Meski sejumlah negara juga memiliki hidangan yang hampir sama, banyak responden CNN yang tetap memilih nasi goreng Indonesia lah yang memiliki cita rasa tinggi.

3. Indomie

Daya tarik Indomie hingga kini tidak hanya terbatas pada anak kos atau orang muda tetapi berbagai usia hingga lansia. Di sejumlah negara Afrika, Indomie bahkan menjadi salah satu makanan pokok. Selain itu, riset terbaru yang dilakukan oleh Kantor Worldpanel memberikan laporan bahwa Indomie adalah produk yang paling disukai ke-8 oleh penduduk dunia.

4. Kopiko

Banyak yang tidak mengira bahwa Kopiko kini telah mencapai pasar internasional. Hal tersebut terlihat dari adanya sejumlah produk permen kopiko di berbagai supermarket atau swalayan di berbagai negara dunia, seperti Italia hingga Portugal.

Bahkan, dalam salah satu drama korea terbaru ‘Hometown Cha-Cha-Cha’, kopiko diperlihatkan sebagai permen favorit.

5. Tempe

Beberapa jam terakhir, tempe menjadi salah satu komoditas asli Indonesia yang kini telah siap mendunia. Upaya yang dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, tersebut berhasil mengantarkan tempe menjadi salah satu produk andalan di supermarket terbesar di Jepang, Gyomu Super.

Baca Juga: Wah, Makan Tempe Bisa Kurangi Risiko Terpapar Covid-19 Lho! Ini Sederet Manfaatnya...

Bahkan, Sandiaga juga menyatakan bahwa pihaknya akan menjadi inisiator dalam Tempe for Life sebagai upaya pengenalan tempe ke pasar dunia. Upaya pengenalan tempe ke pasar global tersebut adalah salah satu rangkaian dari program yang diinisiasi oleh Sandiaga Uno bertajuk ‘Indonesia Spice Up the World’.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.