Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan karena gaya hidup, lingkungan, dan faktor genetik. Diabetes tipe 2 merupakan salah satu jenis penyakit kronis. Pasalnya ketika kamu sudah divonis menderita diabetes, penyakit ini akan diderita seumur hidup karena tak bisa sembuh.

Diabetes tipe 2 telah mengalami peningkatan yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Hal ini tentu menyebabkan munculnya kekhawatiran atas komplikasi kesehatan yang terkait.

Jika tak ditangani dengan serius, kondisi ini bisa membahayakan nyawa. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui gejala awal penyakit diabetes, berikut diantaranya:

1. Mudah merasa haus dan lapar

Merasa lebih mudah haus dan lapar adalah salah satu gejala awal diabetes. Gejala mudah haus sendiri merupakan akibat dari sering buang air kecil yang lambat laun bisa menyebabkan dehidrasi.

Kemudian, perasaan mudah lapar sendiri timbul karena penderita diabetes seringkali tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan yang mereka konsumsi.

2. Sering buang air kecil

Gejala awal lainnya adalah sering buah air kecil. Hal ini terjadi karena ketika kadar gula darah tinggi. Itu membuat ginjal akan mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah.

Inilah yang dapat menyebabkan seseorang buang air kecil lebih sering daripada biasanya.

Baca Juga: Diabetes Bisa Bikin Pikun? Benar Enggak Ya?

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.