Beauty, apakah kamu suka mengalami nyeri perut yang gak biasa? Awas, jangan cuma mengira itu hanya sakit maag biasanya ya, bisa jadi itu mengindikasikan kamu kena kanker lambung, lho!

Ya, tanda-tanda awal kanker lambung ini memang jarang terdeteksi oleh penderitnya, sebab kebanyakan dari mereka mengira gejala itu sebagai sakit maag biasa. Namun hal ini tentu perlu diwaspadai karena jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP mengatakan, faktor risiko kanker lambung disebabkan oleh infeksi Helicobactor pylori, rokok, obesitas, makanan yang diproses atau diasinkan, dan genetika.

“Penyebab meningkatnya risiko kanker lambung karena adanya infeksi Helicobacter pylori pada lambung, metaplasia usus, atrophic gastritis kronis, anemia pernisiosa, ataupun polip lambung,” ujar Prof. Sudoro, sebagaimana dikutip dari media sindikasi Suara.com, Rabu (6/10/2021).

Faktor risiko terkena kanker lambung umumnya hanya 5-10% yang diakibatkan oleh faktor genetika. Sedangkan 90-95% lebih disebabkan oleh faktor lingkungan yang meliputi diet (30-35%), rokok (25-30%), infeksi (15-20%), obesitas (10-20%), alkohol (4-6%) dan lain-lain (10-15%).

Prof. Sudoro juga menjelaskan, jika secara genetik, penyebab meningkatnya risiko adalah jika ibu, ayah, kakak atau adik memiliki kanker gaster, golongan darah A, Li-fraumeni syndrome, familial adenomatous polypsis (FAP), dan hereditary nonpolyposis colon cancer.

“Diagnosis dan terapi pada stadium dini tentunya diharapkan akan memiliki tingkat keparahan dan prognosis yang lebih baik ketimbang bila dideteksi dan diterapi ketika sudah masuk stadium lanjut. Untuk itu penting sekali untuk kita kenali,” tegasnya.

Baca Juga: Rentan Terkena Kanker Lambung, Golongan Darah A Harus Segera Hindari Makanan Enak Ini!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.