Mungkin kita semua pernah merasakan memar di tubuh yang terjadi secara tiba-tiba. Saat bangun tidur, mungkin kamu pernah melihat bagian tubuhmu berwarna merah keunguan. Mitos memar pun sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. 

Namun, sebenarnya, memar yang terjadi secara tiba-tiba bukanlah diakibatkan dengan hal-hal yang tidak masuk akal, melainkan hal itu bisa jadi pertanda bahwa kamu mengalami suatu penyakit tertentu.

Salah satunya adalah penyakit von Willebrand. Penyakit yang muncul karena faktor genetika ini membuat darah menjadi sulit membeku sehingga sering terjadi perdarahan. Ketika darah yang terperangkap di bawah kulit makan akan menjadi memar.

Selain memar, penyakit ini juga ditandai dengan sering mimisan, pendarahan setelah cedera, menstruasi yang lama dan berat, dan sering ada darah di urine atau feses.

Kondisi ini tidak terlalu mengkhawatirkan. Tapi ada beberapa penyebab seringnya muncul memar lainnya yang cukup mengkhawatirkan, Berikut beberapa penyebab memar secara tiba-tiba, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021).

1. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan memar. Antikoagulan atau pengencer darah, seperti warfarin, dan obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin, dapat memengaruhi kemampuan pembekuan darah. Ketika darah menjadi lebih lama untuk membeku, maka darah yang terkandung dalam pembuluh darah akan bocor dan berkumpul di bawah kulit sehingga menimbulkan memar.