Rambut setiap orang tumbuh pada tingkat yang berbeda, termasuk rambut atau bulu di bagian wajah, ketiak, kaki, hingga di sekitar kemaluan. Namun, enggak bisa sembarangan untuk mencukur bulu di sekitar kemaluan karena itu area yang sangat sensitif.

Mencukur dengan benar adalah faktor terpenting. Hal ini penting agar terhindar dari ruam hingga rasa gatal yang timbul setelah bercukur.

Mencukur membuat kulit Anda terlihat dan terasa halus untuk sementara waktu. Namun bagi banyak orang, mencukur memiliki efek samping berupa rasa gatal yang kurang nyaman.

Selain itu, timbul benjolan merah akibat peradangan di dekat pori-pori rambut, yang disebut folikulitis dapat muncul setelah mencukur kulit sensitif. Lantas sebenarnya apa penyebab kulit gatal setelah bercukur?

Saat bercukur, proses itu tak benar-benar menghilangkan semua rambut di bagian tersebut. Bercukur berarti Anda hanya memotongnya di dekat tempat tumbuhnya bulu. Sementara folikel rambut terus tumbuh dan mencukur dapat menyebabkan folikel tersebut menjadi iritasi. Iritasi inilah yang membuat Anda merasa gatal setelah bercukur.

Tarikan pisau cukur (terutama yang tumpul atau bekas) dapat memutar atau mengarahkan kembali folikel rambut saat bercukur. Hal ini dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Beberapa orang menyebut efek ini sebagai "luka bakar pisau cukur."

Selain itu, rasa gatal timbul tergantung area mana tempat Anda bercukur. Area kemaluan adalah salah satu bagian tubuh yang paling rentan untuk menimbulkan rasa gatal dan "terbakar pisau cukur". Karena bagian ini adalah area yang sangat sensitif bagi sebagian besar orang dan rambut di area itu biasanya lebih tebal, sehingga akan lebih terasa tak nyaman saat bulu sekitar sana tumbuh kembali.

Baca Juga: Ini Bahaya Cukur Bulu Kemaluan Sebelum Berhubungan Intim, Waspada Penyakit Menular Seksual!

Saat Anda mencukur area kulit yang biasanya berada di bawah pakaian, kain dapat bergesekan dengan kulit yang dicukur dan membuat iritasi semakin parah. Sabun beraroma dan bahan kimia keras yang digunakan pada kulit Anda sebelum bercukur juga dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit dan menyebabkan gatal.