Asam urat jadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat di Tanah Air. Asam urat bisa sangat mengganggu aktivitas lho karena bisa menggangu aktivitas sehari-hari.

Asam urat adalah produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ditemukan dalam kadar tinggi dalam beberapa makanan yang dikonsumsi.

Purin juga terbentuk dan dipecah dalam tubuh. Biasanya, tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan urin. Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak purin, asam urat dapat menumpuk di dalam darah.

Kadar asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut asam urat yang menyebabkan nyeri sendi yang menumpuk kristal urat. Itu juga bisa membuat darah dan urin terlalu asam.

Nah, berikut ini beberapa makanan yang sangat lezat hingga bisa menggoyang lidah, tetapi bikin asam urat kambuh. Penasaran? Simak ulasan berikut ya!

1. Daging Merah

Meskipun kandungan purinnya tidak terlalu tinggi, daging merah tetap harus dikurangi konsumsinya atau kalau bisa dihindari sama sekali. Daging yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain adalah daging sapi, kambing, babi, dan unggas.

Jika tetap ingin mengkonsumsi daging, disarankan untuk memakan dagingnya saja dan membuang lemaknya.

Baca Juga: Nggak Nyangka, Makanan Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat Lho, Mulai Dari Gandum Sampai Soda Kue!

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.