Lama tinggal di luar negeri enggak membuat Kerri Na Basaria lupa dengan tanah kelahirannya, Indonesia. Berlatar belakang akademis di bidang sejarah dan sastra membuat Kerri Na Basaria begitu tertarik dengan seni.

Kerri Na Basaria dan ibunya memang memiliki mimpi untuk mendirikan suatu organisasi yang dapat membantu para penenun di tahan kelahirannya, yaitu tanah Batak. Berkat bantuan sang ibu, Kerri Na Basaria akhirnya berhasil mendirikan PT Toba Tenun Sejahtera.

Semua yang terjadi tentu enggak berjalan mulus, ada banyak tantangan yang dihadapi oleh Kerri Na Basaria hingga dirinya berhasil mendirikan Toba Tenun. Meski banyak tantangan yang harus dihadapi, Kerri Na Basaria berhasil melewatinya karena orang-orang terdekat yang selalu mendukungnya.

“Banyak support system dari keluarga dan dari teman. Jadi, kalau tantangan itu pasti ada tapi bisa dihadapi karena banyak support system dari orang terdekat,” ujar Kerri Na Basaria saat diwawancarai HerStory.co.id.

Sudah bisa dibilang sukses mendirikan Toba Tenun, tapi masih banyak target yang ingin dicapai oleh Kerri Na Basaria. Ia ingin berfokus pada wastra nusantara, terutama pada wastra nusantara yang tertinggal.

“Mimpi yang terbesar adalah membuat suatu komunitas di Sumatera Utara dan di pelosok Indonesia lain yang membutuhkan. Jadi, kita bisa memegang beberapa community house di berbagai daerah,” tutur Kerri Na Basaria.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem Kain Ulos, Toba Tenun Lakukan Rangkaian Aktivitas untuk ingkatkan Kesadaran Masyarakat