Wanita rentan mengalami masalah kesehatan. Hal ini dikaitkan dengan perubahan hormon yang terjadi selama hidup, seperti ketika menstruasi dan juga masa kehamilan.

Biasanya masalah kesehatan yang kerap kali menyerang wanita di masa-masa tersebut adalah sakit perut. Bukan hanya karena menstruasi, ternyata ada beberapa kondisi yang jadi penyebab wanita mengalami sakit perut.

Kondisi ini pun harus diwaspadai, terlebih ketika wanita mengeluh alami sakit perut di luar masa-masa menstruasi atau kehamilan. Banyak juga yang menggambarkan bahwa sakit perut tersebut berasal dari bagian bawah sebelah kiri.

Nah, kira-kira apa saja ya penyebab yang harus diwaspadai? Simak terus ulasan berikut ini:

1. Ovulasi

Salah satu hal yang menyebabkan sakit perut bawah sebelah kitu adalah terjadinya ovulasi. Kondisi yang satu ini dikenal pula sebagai masa subur, yang mana akan menimbulkan rasa sakit atau kram pada bagian perut bawah.

Gejala yang akan dirasakan apabila seseorang mengalami ovulasi biasanya ia merasakan mual. Selain itu, umumnya juga akan terjadi keputihan.

Baca Juga: Bukan Cuma Makanan Pedas, Ternyata 6 Makanan Ini Bisa Menjadi Penyebab Perut Mulas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.