Pizza dan soda mungkin tampak seperti kombinasi makanan yang dapat menggoyang lidah. Tetapi pada kenyataannya, pizza dan soda adalah pasangan makanan yang sangat berbahaya untuk kesehatan lho.

Seringnya makanan yang paling terasa nikmat adalah makanan terburuk bagi tubuh, terutama jika digabungkan. Salah satunya adalah pizza dan soda yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di zaman sekarang.

Karbohidrat dalam pizza bersama dengan protein dan pati dapat 'menghabiskan' banyak energi tubuh ketika proses pencernaan. Selain itu, gula dalam soda memperlambat pencernaan dan proses yang terjadi di organ sekitar perut.

Adonan pizza, sering dibuat dengan tepung putih yang merupakan karbohidrat sederhana. Sementara semakin tinggi karbohidrat sederhana dalam makanan, semakin buruk kualitas nutrisinya.

Kemudian dikombinasikan dengan soda yang juga karbohidrat sederhana. Saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, sistem pencernaan pun memecah makanan yang dapat dicerna menjadi gula, yang masuk ke dalam darah. Saat gula darah Anda naik, pankreas Anda memproduksi insulin.

Kemudian saat gula darah diserap oleh sel, kadar dalam aliran darah turun. Untuk mengatasinya, pankreas membuat glukagon, hormon yang memberi tahu hati untuk mulai melepaskan gula yang disimpan. Masalah muncul ketika tubuh tak dapat membuat cukup insulin atau tak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya.

Menurut sebuah studi dari Harvard T.H, semakin banyak soda gula yang Anda minum, semakin tinggi risiko kematian dini. Penelitian besar dan jangka panjang, yang melibatkan pria dan wanita Amerika, menemukan bahwa soda manis, bersama dengan minuman tinggi gula lainnya meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan bahkan kanker.

Selain itu, pizza dan soda merupakan dua makanan yang tinggi asam. Mengonsumsi makanan tinggi asam, seperti pizza dan soda dapat berdampak negatif pada kesehatan karena bisa menyebabkan asam dalam urin serta dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu asam urat. Terlalu banyak keasaman dalam makanan yang dikonsumsi terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, masalah hati, dan bahkan kanker.

Baca Juga: 4 Makanan yang Menggoyang Lidah, Tapi Sayangnya Bikin Asam Urat Kumat!

Makan terlalu banyak makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti pizza dan soda menciptakan lonjakan gula darah yang kuat. Hal ini menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penambahan berat badan. Pizza dan soda adalah dua makanan yang sangat membuat ketagihan. Jika digabungkan, akan menimbulkan malapetaka pada tubuh.