Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan.

Nah, biasanya darah menstruasi memiliki bau yang berbeda-beda pada setiap orang. Ada darah menstruasi yang memiliki bau amis hingga bau busuk.

Berikut ini beberapa arti dari bau darah menstruasi yang perlu kamu ketahui, seperti dijelaskan oleh Dr Pratima Thamke, konsultan dokter kandungan dan ginekolog, Motherhood Hospital, Kharghar.

Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Bau busuk

Beberapa wanita cenderung menemukan bau busuk dari bakteri yang bercampur dengan aliran menstruasi. Bau ini menunjukkan bahwa sudah waktunya untuk mengganti pembalut atau tampon untuk mengendalikan bau. Bau datang karena aliran yang deras.

Bau amis

Hal ini menunjukkan adanya infeksi seperti bakterial vaginosis dan dapat disertai rasa terbakar, terutama saat buang air kecil, iritasi, gatal, atau keputihan di luar perdarahan menstruasi.

Baca Juga: Dilarang Minum Kopi saat Menstruasi! Ini Bahayanya Buat Tubuh, Berisiko Kanker Payudara Juga...

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.