Sakit gigi jadi salah satu masalah kesehatan yang paling mengganggu aktivitas. Penyebab sakit gigi bisa sangat bervariasi, termasuk juga makanan yang dikonsumsi.

Ketika salah mengonsumsi makanan secara 'asal-asalan' itu bisa menyebabkan plak sehingga seiring berjalannya waktu menyebabkan kerusakan gigi.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan agar tak menyebabkan sakit gigi. Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari karena memperparah sakit gigi:

Biskuit

Camilan seperti biskuit pun juga bisa menjadi penyebab serta makanan yang harus dihindari saat sakit gigi.

Di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat olahan yang bisa berubah menjadi gula dan menjadi makanan untuk bakteri di dalam mulut.

Roti putih

Roti putih ternyata sama berbahayanya dengan permen. Hal ini dikarenakan kandungan dari roti putih kaya akan karbohidrat sederhana yang diubah oleh liur menjadi gula.

 Ketika terselip di gigi, sisa kunyahan roti bisa mengundang bakteri untuk bersarang dan berkembang biak.

Keripik kentang

Menjadi camilan andalan untuk sebagian orang, keripik kentang pun termasuk menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat sakit gigi.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan pati yang nantinya akan menjadi gula dan bisa tertinggal di dalam gigi serta nantinya memberi makan bakteri pada plak.

Buah kering.

Meski namanya buah, tetapi buah kering tetap berbeda dengan buah segar. Kismis, aprikot, plum, sultana, dan buah lainnya yang dikeringkan memiliki tekstur yang sangat manis dan cenderung lengket.

Baca Juga: Awas! Sakit Gigi Jangan Dianggap Sepele, Bisa Picu Sakit Jantung dan 3 Penyakit Ini

Maka dari itu buah kering juga bisa menjadi makanan yang harus dihindari serta penyebab sakit gigi

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.